Lezatnya Bakakak Hayam di Pinggir Sawah di Cisalak, Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Orang sunda siapa yang tak mengenal bakakak, kuliner berbahan dasar ayam atau unggas yang di masak dengan cara di bakar. Berbeda dengan ayam bakar yang biasanya dimasak per bagian atau perpotong. Bakakak hayam biasanya dibakar berupa satu ekor ayam utuh yang telah dibelah dan diikatkan atau ditusukan pada bambu. Selain disajikan untuk teman makan nasi. Bakakak hayam kerap digunakan untuk pelengkap berbagai upacara adat sunda.

Nah, di Subang salah satu tempat Salah satu lokasi untuk menikmati bakakak hayam yang lezat adalah di RM Parantina Nusasari, di jalan raya Cimanggu, Cisalak, Subang. Lokasinya berada di sisi jalan raya sehingga mudah di akses. Tempat makan bakakak ini juga berada di pinggir sawah dan balong sehingga suasananya menambah kenikmatan mencicipi kuliner khas pasundan ini.

Tempat makan ini banyak dikunjungi para pelanggannya, puluhan ekor bakakak hayam ludes terjual setiap harinya.

“Sehari bisa mencapai 100 ekor bakakak hayam terjual,” kata Carnali karyawan tempat makan tersebut.

Untuk harga, bakakak hayam satu ekor utuh dibanderol mulai dari 75ribu, tergantung ukuran ayamnya.

Selain bakakak hayam menu tambahan khas pasundan lainnya juga dapat dipesan di sini seperti karedok atau petai bakar.

Emzy, salah seorang pelanggannya mengaku sering menikmati bakakak di tempat tersebut dan ketagihan. Setiap kali melewati daerah tersebut, dirinya seringkali mampir ke rumah makan tersebut.

“Bumbu ayamnya meresap, mantap dinikmati dengan sambalnya. Apalagi dengan petai bakarnya,” ujarnya.