Curug Ciwideng, Potensi Wisata Baru di Subang yang Terlanjur Viral

KOTASUBANG.com, Subang – Salah satu potensi wisata di Kabupaten Subang kembali viral di media sosial beberapa hari belakangan ini. Situ atau Curug Ciwideng, demikian nama lokasi yang kini ramai dikunjungi tersebut. Situ yang berlokasi di kampung Babakan Curug, desa Tanjungwangi, kecamatan Cijambe tersebut sebenarnya merupakan bekas galian pasir yang tengah dalam tahap reklamasi.

Nana, pemilik lokasi tersebut mengaku tak menyangka tiba-tiba lokasi miliknya viral di media sosial. Menurutnya, daerah bekas galian pasir tersebut memang dalam tahap reklamasi, sebagian sudah beralih fungsi menjadi sawah dan sebagian lagi dalam tahap pembangunan menjadi obyek wisata.

Dirinya pun mengaku belum mempromosikan potensi wisata tersebut, karena memang masih jauh dari siap.

“Iya memang rencananya akan dibangun tempat wisata, tapi belum siap. Ini masih lama tahapannya. Tapi tiba-tiba menjadi viral di media sosial,” katanya, Minggu (7/6/2020).

Lagi pula, katanya, tadinya rencananya pihaknya akan membuat konsep wisata yang lebih “private” dengan membangun cotages atau villa dan danau tersebut menjadi bagian dari cotages tersebut.

Potensi wisata yang terdapat di sana adalah danau buatan bekas galian pasir dengan  4 buah air terjun kecil yang airnya tumpah ke dalam danau. Di sana pengunjung bisa naik perahu mengelilingi danau. Di situ Ciwideng juga terdapat sumber mata air yang kini telah ditampung ke dalam kolam renang anak-anak. Rencananya, pihaknya masih akan membangun kolam renang lainnya di dekat sumber mata air yang berada di sekitar situ tersebut. Selain itu, di lokasi tersebut juga akan dikembangkan untuk wisata memancing.

Nana mengatakan luas lahan miliknya termasuk bekas galian pasir tersebut mencapai 30 hektare. Untuk menjadi obyek wisata yang benar-benar siap dikunjungi masih memerlukan waktu yang lama untuk tahap pembangunan.

Lokasi ini memang berpotensi untuk menjadi obyek wisata buatan yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit saja dari pusat kota. Apalagi katanya, lokasi tersebut akan dilalui oleh jalan lingkar luar Kabupaten Subang yang menghubungkan Cibogo dengan Cijambe.