Subang Berlakukan PSBB Proporsional di 7 Desa, Bersiap Menuju New Normal

KOTASUBANG.com, Subang – Menindaklajuti arahan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan memperhatikan hasil evaluasi terkini di Subang serta berdasarkan pertimbangan dan masukan dari semua pihak maka Pemkab Subang memutuskan untuk menghentikan pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) parsial di kecamatan yang sudah tidak terdapat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan memberlakukan PSBB proporsional dengan difokuskan di tingkat desa pada lingkungan RW yang terdapat kasus terkonfirmsi Covid-19 yaitu di 7 desa yang tersebar pada 5 kecamatan di Subang. PSBB proporsional ini akan diberlakukan hingga tanggal 12 Juni 2020 mendatang.

Adapun desa yang menjadi fokus PSBB adalah Desa Lengkong dan Wantilan di Kecamatan Cipeundeuy, Desa Sukamandijaya Kecamatan Ciasem, Desa Sindangsari dan Kasomalangkulon di Kecamatan Kasomalang, Desa  Sukasari Kecamatan Sukasari dan Desa Karangmulya, Kecamatan Legonkulon.

Hal itu disampaikan Bupati Subang H. Ruhimat, Jumat malam (29/5/2020) petang di pendopo Rumah Dinas Bupati Subang seusai melakuan telekonferensi bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Selanjutnya kita akan segera rapatkan terkait pelaksanaan teknis PSBB proporsional di tingkat desa tersebut dengan camat dan kepala desa,” katanya.

Selain itu Pemkab Subang juga akan segera menyiapkan langkah-langkah menuju penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB), dimana dalam pelaksanaannya akan dilakukan secara perlahan.

“Nantinya semua aktivitas kebiasaan masyarakat dapat dilaksanakan akan tetapi diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat,” katanya.

Dalam pelaksanaan PSBB proporsional dan menuju AKB Bupati berharap dukungan dari semua pihak dalam mendisiplinkan dan mengeduaksi masyarakat secara masif agar dapat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 selama PSBB dan tahap masa transisi AKB.

“Khususnya insan pers saya harap dapat berkontribusi aktif¬† sosialisssi dan edukasi dalam pencegahan Covid-19 di kabupaten Subang,” ujarnya.