PSBB di Jabar Diperpanjang, New Normal Jadi Diberlakukan 1 Juni ?

KOTASUBANG.com, Subang – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 443 Tahun 2020 mengumumkan perpanjangan PSBB tingkat daerah Provinsi Jawa Barat. Dalam surat bertanggal 28 Mei 2020 tersebut disampaikan perpanjangan PSBB tingkat daerah Provinsi Jawa Barat diperpanjang, hingga 12 Juni mendatang.

Dalam surat tersebut disampaikan untuk Wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, PSBB diperpanjang terhitung dari 30 Mei sampai 4 Juni 2020. Sementara untuk wilayah Jabar di luar daerah pada poin 1, PSBB akan diberlakukan terhitung mulai 30 Mei 2020 hingga 12 Juni 2020.

Selain adanya surat edaran tersebut, Gubernur Ridwan Kamil melalui media sosialnya juga mengumumkan bahwa sekitar 60 % wilayah Jabar atau yang masuk zona biru (level 2) bisa memulai pilihan new normal. Sementara itu sekitar 40 % wilayah Jabar atau yang masuk zona kuning (level 3) akan melanjutkan PSBB proporsional sampai dengan tanggal 12 Juni 2020.

Hal ini sedikit membuat bingung netizen karena dalam surat keputisan Gubernur disebutkan untuk wilayah Jabar di luar daerah Bodebek PSBB akan diberlakukan hingga 12 Juni 2020, sementara di postingannya di media sosial mengumumkan bahwa sekitar 60 % wilayah Jabar atau yang masuk zona biru (level 2) bisa memulai pilihan new normal.

Menganggapi kebingungan dan pertanyaan netizen, Emil mengatakan akan mengumkan mana daerah yang bisa memulai new normal.

“Mana yang 60% mana yang 40% akan diumumkan besok,” tulisnya.

Emil mengatakan pemberlakuakn New Normal akan dilakukan secara perlahan, bertahap dan hati-hati. Rumah Ibadah dan Industri dulu baru toko/restoretail/mall. Dan Jabar terus dilakukan pelacakan/pengetesan masif dengan Mobile Test Lab setiap hari.

“Mari berdisiplin ya warga Jabar agar hidup baru kita bisa sukses dan lancar,” pungkasnya.