Es Sakoteng Abah Oding, Es Legendaris di Subang Sejak Tahun 60an

KOTASUBANG.com, Subang – Waktu berbuka tentunya menjadi hal paling istimewa di bulan ramadan. Berbagai makanan dan minuman favorit selalu disiapkan untuk berbuka puasa. Di Subang, salah satu kuliner favorit yang banyak diburu untuk berbuka adalah es sakoteng abah Oding, yang terletak di jalan Pasar Baru No 9 atau lebih dikenal dengan daerah Blok Jagal.

Biasanya pada bulan ramadan para pembeli harus ngantre untuk mendapatkan es sakoteng ini. Bahkan seringkali es sakoteng ini sudah ludes sebelum waktunya berbuka puasa tiba. Setiap hari di bulan ramadan, penjual es sakoteng ini menghabiskan sampai 100 buah kelapa dan 2 panci besar sekoteng.

Es sakoteng ini sebenarnya cuma es biasa berupa campuran sakoteng atau pacar cina berwarna merah, parutan kelapa dan air gula. Namun campuran yang pas membuat es sakoteng ini berbeda dengan es lainnya sehingga banyak diminati.

Es sakoteng ini bisa dibilang legendaris karena sang pemilik yang di panggil abah Oding sudah berjualan es tersebut sejak tahun 1966. Sayang, tahun 2019 lalu abah Oding meninggal dunia, kini usaha es sakoteng tersebut masih diteruskan oleh keluarganya.

Para pelanggannya bisa menikmati es tersebut bukan hanya bulan ramadan saja, karena pada bulan biasa pun, es ini masih tetap bisa dinikmati. Sekarang satu mangkok es yang segar ini bisa dinikmati dengan harga Rp. 13.000,-