Panwaslu Subang Larang Alat Peraga Kampanye di Angkot

Panwaslu Subang Melarang Pemasangan Alat Peraga Kampanye di Angkot

Alat Peraga Kampanye Dipasang di Angkot pada Pilkada Subang 2013

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Subang, Jawa Barat, menyatakan pemasangan alat peraga kampanye di kendaraan umum termasuk angkutan kota dilarang.

Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Subang Juju Juhariah, mengatakan, alat peraga kampanye tidak boleh dipasang di kendaraan umum, sesuai ketentuan dalam Surat Edaran KPU Nomor 664 tertanggal 30 September 2013.

Panwaslu setempat meminta masing-masing calon legislatif yang sudah memasanga alat peraga kampanye di kendaraan umum diminta segera mencopot sendiri.

Berdasarkan Surat Edaran KPU Nomor 664 tertanggal 30 September 2013 itu disebutkan, kendaraan umum, kendaraaan milik BUMN dan BUMD tidak diperbolehkan untuk dipasangi alat peraga kampanye.

Untuk kendaraaan pribadi, itu tidak diatur. Sebab hal tersebut merupakan bagian dari hak pemilik kendaraan tersebut.

“Tetapi saya kira, boleh-boleh saja jika alat peraga kampanye itu dipasang pada kendaraan pribadi,” katanya, saat dihubungi di Subang, Minggu (20/10).

Untuk sanksi para pelanggar pemasangan alat peraga kampanye di kendaraan umum, itu hanya dikenakan sanksi administrasi. Sedangkan sanksi lainnya ialah pencopotan alat peraga kampanye miliknya.

“Ketentuan-ketentuan itu sudah kita sampaikan ke masing-masing partai politik Pemilu 2014. Semoga bisa dipatuhi bersama,” kata dia. (Aktual)