[VIDEO] Ternyata Begini Bentuk Pohon Menteng atau Bencoy

KOTASUBANG.com, Subang – Pohon dan buah menteng atau kepundung kini semakin langka. Di pedesaan pohon ini juga semakin sulit ditemukan, apalagi di perkotaan. Sehingga kini banyak dari kita tak mengetahui bagai mana bentuk pohon menteng itu sebenarnya. Padahal nama buah ini dikenal sebagai nama sebuah kawasan elit di Jakarta.

Di Subang, pohon menteng masih bisa ditemui di daerah selatan di kebun-kebun warga, diantaranya di desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak. Menurut warga sekitar buah menteng ini ternyata ada 2 jenis, yaitu yang warna daging buahnya merah dan putih. Rasa daging buahnya manis keasaman. Buah yang daging buahnya berwarna merah lebih banyak warga menyebutnya dengan nama bencoy.

Di daerah lain, buah ini memiliki nama yang berbeda seperti rusip, kisip (Sumatera), engkuni, enkunik, kayu masam, longkuno, moho liok (Kalimantan), asam tambun, rambi, rambai tamut dan tampoi (Malaysia).

Pohon menteng memiliki tinggi sekitar 15-25 meter dan berdiameter batang 25-70 cm. Kulit pohonnya kasar dan berwarna keputihan. Daunnya berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan ujung yang lancip. Daun Menteng mempunyai panjang 7-20 cm, lebar 3-7,5 cm. Buah Menteng berdiameter 2-2,4 cm, berwarna hijau kekuningan atau kemerahan.

Bentuk pohon menteng dapat dilihat pada video berikut,

Buah yang bernama latin Baccaurea racemosa ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Buah ini banyak mengandung  vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1. Selain itu, di dalam buah menteng terdapat pula kandungan kalsium, protein, fosfor, serta zat besi. Berbagai kandungan ini berkhasiat untuk kesehatan diantaranya mencegah sariawan, mencegah anemia, memaksimalkan metabolisme tubuh, mencegah penyakit tulang, melindungi tubuh dari radikal bebas dan masih banyak lagi.

Biar pohon ini tidak punah. Yuk, kita tanam lagi pohon menteng…