Keren ! UMKM Binaan PLUT KUMKM Subang dan PT Dahana Ekspor Ribuan Handycraft ke Jerman

KOTASUBANG.com, Subang – Keceriaan tampak di wajah para pengrajin Subang di PLUT KUMKM Subang, hari ini Jumat (21/2/2020). Setelah sekian tahun lamanya kini mereka kembali bisa melaksanakan ekspor ribuan pieces handycraft. Acara pelepasan ekspor perdana produk handycraft UMKM Subang ke Jerman dilaksanakan di gedung PLUT KUMKM Subang oleh Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Subang H. Yoyoh Ruhimat dan Sekretaris PT Dahana Asep Maskandar.

Handycraft berbentuk miniatur binatang tersebut berhasil di pasarkan ke mancanegara berkat hasil kerjasama sinergi UKM Evan Art Gallery , Art Zone dan DOLZ Galery. Dalam pengerjaannya, pemenuhan ekspor ini juga melibatkan 20 pengrajin lainnya dari berbagai wilayah di Subang.

Bupati Subang H. Ruhimat dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya dengan adanya UKM Subang yang mampu menembus pasar ekspor. Bupati Subang H. Ruhimat mengucapkan terimakasih atas sinergitas berbagai pihak hingga kemudian UKM bisa memasarkan produk hingga ke mancanegara.

Bupati juga mengapresiasi kinerja PLUT KUMKM Subang dan DKUPP yang telah membina UMKM. Dirinya mengapresiasi atas inovasi yang telah dilakukan PLUT KUMKM Subang dalam mendampingi UMKM dan mendorong PLUT KUMKM Subang untuk terus berinovasi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT Dahana melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) telah membantu permodalan para UMKM Subang untuk lebih meningkatkan usahanya. Salah satunya UMKM yang melakukan ekspor kali ini adalah mitra binaan PKBL PT Dahana. Dengan bantuan permodalan dan pembinaan yang diberikan sehingga UMKM tersebut bisa memasarkan produknya hingga ke mancanegara,” katanya.

Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang Drs. Adang Mulyana, M.Si mengungkapkan kebanggaannya binaan PLUT KUMKM Subang dan DKUPP bisa menembus pasar ekspor. Hal ini sejalan dengan program Kementerian Koperasi dan UKM RI yang tengah menggenjot ekspor dari sektor UKM.

Pengembangan UMKM di Subang memerlukan kerjasama dari berbagai pihak. Karenanya PLUT KUMKM dan DKUPP telah bersinergi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan PT Dahana terutama terkait akses permodalan, hingga kemudian PLUT KUMKM Subang mendapatkan penghargaan dari PT Dahana sebagai mitra pendampingan UMKM Subang.

Hj Yoyoh Ruhimat sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Subang juga mengungkapkan kebangaannya. Dengan adanya ekspor ini diharapkan menjadi tonggak bangkitnya kembali kejayaan para pengrajin Subang.

Sementara itu Sekretaris PT Dahana Asep Maskandar mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian dari UMKM Subang untuk Go Internasional. Ini tentunya sebuah pencapaian yang luar biasa, dan tidak terjadi dengan tiba-tiba. Ada proses didalamnya, ada kerja keras, dan ada dukungan untuk meraihnya.

PT Dahana sangat membuka diri untuk UMKM yang ada di Kabupaten Subang untuk maju besama dalam mengembangkan usahanya. Program pembinaan untuk UMKM yang menjadi mitra binaan salah satunya dengan pelatihan.

“Tahun lalu, Dahana menyelenggarakan pelatihan e-commerce untuk mitra binaan di dua lokasi: Subang dan Tasikmalaya. Pelatihan ini bekerjasama dengan PLUT. Pada kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan PLUT Kab. Subang. Sesuai tema PT DAHANA di tahun 2020 ini, Stronger with collaboration, maka kami akan banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menjalankan program-program perusahaan,” ujarnya.

Mewakili pengrajin dan UMKM Subang, Hernawan mengungkapkan terimakasih atas pembinaan yang telah dilakukan oleh PLUT KUMKM, DKUPP dan PT Dahana dalam pendampingan usaha bagi UMKM di Kabupaten Subang.