Tim Damkar PT Dahana Raih Prestasi di Padang

KOTASUBANG.com, Subang – Tim Pemadam Kebakaran PT DAHANA (Persero) meraih gelar Tim Terbaik ke-II kategori Fire Rescue dari sepuluh tim peserta acara Semen Padang Mine Rescue Challenge (MRC) yang diselenggarakan oleh PT Semen Padang (Persero) dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Nasional dan Bulan Mutu 2020, di Padang, 3 – 7 Januari 2020.

Menurut Didin Wahyudin, sebelum mengikuti perlombaan di Padang, tim pemadam kebakaran DAHANA telah melakukan berbagai persiapan seperti latihan bersama Dinas Kebakaran Kabupaten Subang pada tanggal 27 – 31 Januari 2020 dengan konsentrasi pada latihan fisik, teknik, dan strategi sesuai dengan yang dibutuhkan dalam perlombaan.

“Selain itu, latihan juga ditujukan untuk kecepatan waktu, dan ketepatan dalam bertindak,” ujar Didin.

PT DAHANA (Persero) melakukan persiapan lain seperti memenuhi persyaratan individu dan perlengkapan individu, seperti Apar, mobil damkar, safety shoes, safety vest, safety gloves, safety google, safety helmet, elbow pad, dan knee pad. Selain untuk lomba, persiapan ini merupakan suatu usaha serius dari DAHANA dalam mempelajari Kesehatan dan Keselamatan Kerja para karyawannya.

“Selain ajang untuk silaturahmi dengan perusahaan yang bermitra dengan DAHANA, juga teman-teman yang dikirim bisa menambah pengalamaan dan ilmu tentang rescue untuk kemudian pengalaman/ilmu tersebut dapat ditularkan kepada teman-teman lain di DAHANA. Namun yang terpenting adalah dapat memberikan yang terbaik sehingga membawa harum nama PT DAHANA (Persero),” tambah Didin.

Setelah mengikuti proses perlombaan, Tim Damkar DAHANA yang terdiri dari; 1. Wanwan Hernawan, Irman, Edi Sudrajat, Wawan Setiawan, Lukman Hakim, dan Sunandar berhasil membawa nama baik perusahaan plat merah yang bergerak di industri bahan peledak itu dengan penghargaan Tim Terbaik Kedua. Didin Wahyudin selaku Pelatih Damkar DAHANA pun berharap timnya mampu mengikuti berbagai ajang yang lebih menantang lainnya.

“Peraihan tim terbaik ke-II tersebut, mudah-mudahan menjadi nilai plus atas kepercayaan safety di DAHANA khususnya untuk konsumen DAHANA,” harap Didin.

Selain Didin, Malendra Wahyu Dwiputra yang menemani tim damkar selama di Padang pun menyatakan harapannya kepada Dfile agar tim rescue DAHANA tetap terus berlatih dengan rutin dan memiliki jadwal latihan rutin.

“Jangan lupa update kompetensi dengan mengajak instruktur yang telah berpengalaman dan tersertifikasi seperti BASARNAS, diperlukan juga untuk update peralatan dan perlengkapan rescue dari DAHANA,” harap Melandra.