Delipel Cake, Oleh-oleh Kebanggaan Subang

Delipel Pie

Delipel Pie

Pernahkah anda bingung mencari oleh-oleh khas Subang untuk teman-teman di luar kota? Atau mungkin bosan membawa oleh-oleh yang itu-itu saja seperti dodol nanas, sirup nanas, keripik nanas atau bahkan buah nanas yang kadang kurang praktis untuk dijadikan oleh – oleh karena terlalu berat.

Jangan khawatir, kini ada produk baru yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Subang yang bisa dibanggakan. Adalah Wilma Tresnasari, Rian Pebrian, dan Meilly Kusumadewi, 3 bersaudara asli Subang ini berhasil menciptakan sebuah inovasi produk berbahan nanas simadu yang kemudian mereka namakan Delipel Cake atau singkatan dari Delicious Pinneple Cake.

“Bosen dengan oleh-oleh yang itu-itu saja, kemudian kami bertiga mulai berpikir mengapa tidak membuat cake dari nanas saja. Kata Meilly memulai cerita.

“Di sini kan nanas melimpah, apalagi kalu panen raya, harganya murah.” Ia menambahkan.

Dari situ kemudian mereka memulai riset, studi literatur dan trial mengenai pembuatan cake nanas. Setelah sekitar 2 bulan melakukan percobaan berulang kali, akhirnya mereka menemukan resep yang pas untuk membuat cake nanas.

“Cake nanas kami berbeda dengan cake nanas yang sudah ada, yang kami campurkan ke dalam adonan itu nanas segar, bukan selai seperti yang sudah ada.”

“Inilah yang membuat kami harus trial berulang kali, tidak mudah untuk mencampurkan nanas segar langsung ke dalam adonan, selain karena kadar airnya tinggi, di dalam nanas itu terdapat enzim bromelin yang memiliki karakteristik memecah protein, padahal nanas ini dicampurkan ke dalam adonan mengandung protein seperti telur dan terigu.”Meilly dengan gamblang menceritakan kendala yang dialaminya. Meilly adalah lulusan Teknologi Pangan Dan Gizi, Institut Pertanian Bogor sehingga ia mengerti betul kandungan dan gizi suatu makanan.

Akhirnya, Maret 2013 lalu mereka berhasil me-launching produk pertamanya yang kemudian diberi nama Delipel Cake. Mereka menjual Delipel Cake ini dibawah bendera Kinanti Bakery, sebagai nama perusahaan yang mereka bentuk. Diluar dugaan meskipun hanya dipasarkan door to door dan melalui media sosial termasuk website www.kinantibakery.com ternyata produk ini mendapat sambutan yang baik di masyarakat. Bahkan pernah mendapat pesanan besar dari Dharma Wanita Pemda Subang untuk dijadikan oleh-oleh khas Subang. Selain itu wisatawan dari Bogor yang sedang berkunjung ke Ciater juga pernah memesan sebanyak 40 box.

Hingga saat ini sudah ada 5 variasi topping atau rasa Delipel Cake yaitu coklat, keju, almond, cranberry, dan mix (perpaduan keempat rasa tersebut).

Setelah berjalan 3 bulan dengan respon bagus dari masyarakat, kinanti bakery terus melakukan inovasi dengan membuat Delipel dalam bentuk Cupcake.

“Kalo Delipel Cupcake ini maksudnya buat camilan anak-anak.” Ungkap Meilly.

Selain itu, tak mau kehilangan peluang, memanfaatkan momen idul fitri kemarin, kinanti bakery juga membuat produk Delipel Nastar sebagai kue lebaran.

Alhamdulillah, untuk Delipel Cupcake dan Delipel Nastar ini juga mendapat sambutan yang baik dari pelanggan-pelanggan setia kami.” Ungkapnya sumringah.

Tak cepat puas sampai disitu, inovasi terus mereka lakukan, hingga awal oktober kemarin mereka berhasil me-launcing satu produk lagi yaitu Delipel Pie. Pie yang cruncy dengan tambahan filling sauce nanas ditaburi dengan kismis di atasnya.

Kemasan Delipel Cake

Kemasan Delipel Cake

Bukan hanya inovatif membuat produk, ternyata 3 bersaudara ini juga kreatif mengemasnya. Sesuai tujuannya untuk menjadikan produk mereka sebagai oleh-oleh khas Subang, dibalik kemasannya mereka sertakan foto-foto mengenai destinasi wisata dan kesenian khas Subang.

“Tujuannya untuk memperkenalkan pariwisata Subang kepada pelanggan kami ataupun kepada turis lokal yang datang ke Subang. Selain itu, kami juga cantumkan sejarah nanas dan kandungan gizinya, agar kemasan kami lebih informatif.” Meilly menjelaskan.

Menurut Meilly, saat ini Delipel Cake, Delipel Cupcake, Delipel Nastar, dan Delipel Pie sudah dibawa oleh masyarakat Subang sebagai oleh-oleh khas Subang ke Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Bogor, Tasikmalaya, Ciamis, Bekasi, Lampung, Serang bahkan hingga ke Batam dan Pontianak.

Jadi tunggu apalagi, Delipel Cake bukan sekedar oleh-oleh tapi juga bisa lebih mengenalkan Subang ke seluruh Indonesia.

Kinanti Bakery
Twitter : @DelipelCake
Facebook : Delipel cake
HP : 081394064004
PIN BB : 261170E9
Alamat : Kinanti Bakery Jalan Sompi, Gang Tahu No. 6 Subang