Antisipasi Tangkuban Parahu Meletus, Jalur Evakuasi Telah Disiapkan Ke Gunung Putri

Erupsi Tangkuban Parahu, Subang Sabtu Pagi (5/10/2013)

Erupsi Tangkuban Parahu, Subang Sabtu Pagi (5/10/2013)

Selain menyampaikan imbauan dan informasi terkait perkembangan Gunung Tangkubanparahu kepada warga terdekat, Pemerintah Kabupaten Subang juga sudah menyiapkan berbagai upaya antisipasi. Salah satunya, terkait jalur evakuasi telah ditandai permanen sehingga bisa dilalui warga. Arahnya dipusatkan ke Gunung Putri di Kawasan Ciater.

Hal itu dikatakan Bupati Subang Ojang Sohandi, Rabu (9/10/2013). Dia mengatakan pihaknya juga membahas berbagai persiapan dengan unsur muspida, seperti Kapolres maupun Dandim terkait jalur evakuasi tersebut. Selain itu melakukan koordinasi pula dengan Pemkab Bandung Barat, dan pengelola kawasan Tangkubanparahu.

“Pemantauan terus kami lakukan, termasuk di posko pengamatan, sehingga setiap perkembangan terbaru bisa cepat diketahui dan bisa diinformasikan kepada masyarakat. Imbauan kepada masyarakat melalui aparat setempat sudah dilakukan,” katanya.

Selain itu, berbagai pihak terkait ikut pula melakukan persiapan. Misalnya, Dinas Kesehatan telah menginstruksikan puskesmas terdekat siap memberikan pelayanan 24 jam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah Subang Abdurakhman telah menyampaikan imbauan kepada warga yang berada di sekitar Gunung Tangkubanparahu agar tidak panik, tetapi tetap harus waspada. Imbauan tersebut disampaikan Sekda menyusul terjadinya peningkatan aktivitas kawah di Gunung Tangkubanparahu, dari status normal menjadi waspada. (PR)