Warung Pinus di Kaki Gunung Tangkubanparahu Subang, Suasananya Romantis Bikin Baper

KOTASUBANG.com, Sagalaherang Hujan baru saja reda, ketika tim KOTASUBANG.com tiba di Warung Pinus, Sabtu sore (25/1/2020), sebuah kafe di kaki gunung Tangkuban Parahu. Titik-titik air sisa hujan yang jatuh dari atas pepohonan menyambut kedatangan kami. Kabut tipis menyergap diantara pucuk pohon-pohon pinus, membawa udara dingin menusuk tulang.

Suasananya hening, kadang terpecah dengan gelak tawa para pengunjung yang bercengkrama bersama sahabatnya di sudut-sudut kafe. Di seberang kafe terlihat beberapa pengunjung bermain ayunan atau hamock yang dipasang di antara pohon pinus.

Sesuai namanya, Warung Pinus dibangun diantara rimbunnya pepohonan pinus, jauh dari hingar bingar kota. Kafe ini cocok bagi siapa saja yang ingin menenangkan fikiran, sejenak menghindar dari rutinitas atau bagi mereka yang ingin mencari inspirasi.

Secangkir kopi hangat menghangatkan tubuh dari dinginnya udara kaki gunung Tangkuban Parahu. Di Warung Pinus memang tersedia berbagai menu kopi nusantara dengan beragam pilihan penyajian. Selain kopi, menu istimewa lainnya juga tersedia, mulai dari cemilan ringan hingga makanan berat yang mengenyangkan.

“Cobalah menu nasi goreng dan soto ayam khas Warung Pinus, atau coba juga minuman unik Milkshake Peuyeum,” ujar Asep Sutiana sang owner kafe tersebut.

Ke depan kata Asep, akan ditawarkan pula konsep barbeque bagi para pengunjungnya. Bakar-bakaran aneka daging di bawah pohon pinus.

Selain kafe kini di lokasi tersebut juga telah dilengkapi dengan sebuah villa yang dapat di sewa bagi wisatawan yang sekalian ingin mengeksplore Ciater dan sekitarnya.

Menurut para pengunjungnya suasana kafe ini romantis dan bikin baper. Tak heran, sejak dibuka tahun 2015 kafe ini langsung menjadi favorit muda-mudi, bukan hanya dari Subang tapi juga dari daerah lain di luar Subang seperti Bandung, Karawang hingga Jakarta.

Kafe ini juga seringkali dijadikan tempat meet up berbagai komunitas hobi. Salah satu komunitas yang sering kumpul disini adalah komunitas fotografi Bingkai Fotografi Subang (BFS).

“Suasananya cocok buat hunting foto. Sejak dibuka, kami sering ke sini “ kata Abe, anggota komunitas BFS.

Warung Pinus terletak di kawasan wisata Subang, tak jauh dari Sari Ater, Paralayang Santiong, Tangkuban Parahu, Gracia Spa dan Tea Garden Resort. Dekat pula dengan beberapa lokasi air terjun atau curug seperti Capolaga, curug Sadim dan curug Mandala. Jalan masuk ke Warung Pinus sama dengan jalan masuk utama ke obyek Wisata Capolaga di Panaruban, desa Cicadas, Sagalaherang.

Setiap hari kerja kafe ini buka mulai pukul 11.00 hingga 20.00 WIB, sementara setiap weekend buka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 20.00 malam.