Menuju Event JBRSF2020 di Subang, Aksi Kampanye Lingkungan Digelar Serentak di Jabar

KOTASUBANG.com, Subang – Menuju gelaran Jawa Barat Reggae Star Festival 2020 (JBRSF2020), hari ini, Sabtu (25/1/2020) digelar aksi kampanye lingkungan dengan tema “Olah Reggae Vol.3” serentak di 12 Kota/Kabupaten di Jawa Barat, yaitu di Subang, Purwakarta, Karawang, Cikarang, Cikampek, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Majalengka dan Indramayu.

Bentuk kegiatan yang digelar antara lain kampanye gaya hidup ramah lingkungan, seperti mengurangi dan mengolah sampah, gerakan bijak energi, diet plastik, Workshop 3R serta penghematan penggunaan kertas dan tisu.

“Untuk aksi wilayah Subang sendiri, kami mengangkat fokus topik plastik, karena isu ini semakin mengkhawatirkan dan menjadi sorotan banyak pihak serta memiliki dampak negatif bagi keberlangsungan Bumi yang lestari,” kata project leader JBRSF2020, Arya Putra.

Sekadar diketahui, berdasarkan data, setiap tahun, dunia memproduksi 2,12 miliar ton sampah, dan 400 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik. Indonesia sendiri menyumbang 65,8 juta ton sampah per-Tahun, dimana 16% dari jumlah tersebut merupakan sampah plastik. Dari seluruh jumlah sampah plastik yang dihasilkan diseluruh pelosok dunia, kita baru berhasil mendaur ulang sebanyak 9% sampah, 12% dari sampah plastik tersebut dibakar dan tercecer atau terbawa ke laut, sisanya dibawa ke TPA, itupun bukan berarti itu solusi, tak jarang malah muncul lagi dampak lingkungan lainnya, seperti yang baru saja terjadi di lokasi TPA Panembong Subang yakni longsoran sampah, dan lainnya.

“Berdasarkan fakta tersebut, melalui aksi kecil ini, kami mengajak entitas bisnis, komunitas dan individu untuk mengevaluasi dan berpikir kembali akan gaya hidup sehari-hari, sehingga ke depan dapat mulai menjalankan praktik-praktik gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, sama-sama mempunyai inisiatif untuk mengurangi konsumsi plastik dengan menggunakan material yang lebih ramah lingkungan,”katanya.

“Untuk menangani masalah ini, sebagai goals dari program Aksi Serentak Olag Reggae ini kami mendorong pemerintah Daerah Kabupaten Subang untuk mulai memberlakukan Penggunaan Kantong Plastik secara bijak dan berbayar. Selain itu, kami berharap bisa terus menjalin sinergi dan kolaboraksi dalam rangka mengkampanyekan gerakan diet plastik dan gaya hidup ramah lingkungan lainnya, kami pun berharap agar mendapatkan dukungan penuh pemerintah daerah dalam program – program kampanye kreatif berbasis event Jawa Barat Reggae Star Festival 2020,” pungkasnya.