Bulan Depan, Tempat Pembuangan Akhir Sampah Akan Pindah ke Jalupang

KOTASUBANG.com, Subang – Karena dinilai sudah tidak layak lagi, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Panembong akan ditutup 30 Januari 2020 ini. Sebagai gantinya, Pemkab Subang sudah menyiapkan TPA pengganti di Jalupang, Cipeundeuy di lahan milik PTPN VIII. Selasa siang (21/1/2020) Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi meninjau langsung lokasi rencana pemindahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di lahan PTPN Jalupang.

Peninjauan tersebut dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan Rapat Koordinasi Pembahasan Pemindahan TPA di ruang rapat Rumdin Bupati yang dipimpin oleh Bupati Subang H. Ruhimat dan turut dihadiri Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi bersama berbagai pihak terkait.

Luas lahan yang akan disiapkan seluar 117 hektare dan untuk sementara yang siap digunakan 19 hektar untuk tahap awal.

Dalam pemindahan TPA Panembong ke Jalupang tentunya diperlukan adanya perhatian terhadap dampak lingkungan dan kandungan sumber air di daerah sekitar serta aliran sumber air tersebut karena aliran tersebut akan mengairi pesawahan yang ada disekitar.

“Selain itu perlu diperhatikan akses jalan menuju lokasi TPA supaya mempermudah akses menuju lokasi pembuangan sehingga tidak mengganggu aktifitas masyarakat sekitar. Kita harus membuka jalan baru dan membuat akses jalan lingkar menuju lokasi TPA sehingga tidak melewati area pemukiman akan tetapi melalui daerah lahan PTPN,” kata Wabup.

Mengenai dampak dan banyaknya sebagian lahan yang dikelola olah masyarakat sekitar untuk bercocok tanam, Wakil Bupati Subang menghimbau kepada pihak terkait untuk sering-sering memberikan arahan dan sosialisasi mengenai TPA tersebut karena dengan TPA tersebut untuk kepentingan khalayak banyak.

Sebelumnya telah disepakati, TPA Jalupang tidak hanya menjadi Tempat Pembuangan Akhir Sampah melainkan menjadi Tempat Pengelolaan Sampah.