40 Ha Sawah Tercemar Sampah, Bupati dan Wabup Pimpin Kerja Bakti Masal

KOTASUBANG.com, Subang – Hujan deras yang melanda wilayah Subang telah menyebabkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Panembong longsor ke badan sungai Cileuleuy. Berton-ton sampah dari TPA Panembong tersebut kemudian terbawa arus dan mencemari sepanjang aliran sungai Cileuleuy dan Cilamatan. Di Kelurahan Wanaraeja 40 hektare sawah dipenuhi sampah yang terbawa aliran air.

Guna mengatasi pencemaran di sawah warga tersebut, hari ini, Selasa (21/1/2020) dilaksanakan gotong royong yang dipimpin langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi. Pelaksanaan kerja bakti masal tersebut juga diikuti unsur TNI, BPBD, Tagana, Satpol PP, aparatur kelurahan, para ketua RT dan RW serta masyarakat sekitar.

Bupati Subang mengatakan musibah tersebut merupakan dampak dari sudah kurang efektifnya TPA Panembong sehingga bila musim hujan sampah di TPA Panembong akan terbawa arus sungai Cilamatan dan mencemari wilayah di daerah aliran sungai.

“Dalam waktu dekat TPA Panembong akan ditutup dan tidak lagi digunakan dan opsinya akan dilakukan relokasi pemindahan TPA kelokasi lain, yaitu daerah Cikuda Cipeundeuy yang jauh dari pemukiman,” kata Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati atas nama pemerintah daerah akan membantu pemilik sawah dengan memberikan bantuan gabah dan menerjunkan bantuan dari pihak terkait.