Bupati Usulkan 2 Tokoh Subang Jadi Pahlawan Nasional

KOTASUBANG.com, Subang – Bupati Subang H. Ruhimat mengusulkan 2 tokoh Subang yaitu KH Muhyiddin dan Rd Ama Puradiredja menjadi pahlawan nasional. Hal itu disampaikan Bupati pada┬árapat dengan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) dan unsur Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kabupaten Subang serta BP4D Kabupaten Subang di Ruang Rapat Bupati, Selasa (21/1/2020). Rencananya nama kedua tokoh tersebut juga akan digunakan sebagai nama jalan dan nama gedung di Kabupaten Subang.

Dalam buku Api Sejarah II dituliskan bahwa Ama Poeradiredja merupakan pemimpin Laskar Pencak Silat dari Sagalaherang. Laskar Pencak Silat turut berperan dalam perjuangan perang kemerdekaan. Pasukan Ama Poeradiredja diantaranya pernah melakukan penyergapan terhadap konvoi tentara sekutu yang menyebabkan tentara sekutu inggris, Goerkha dan NICA kocar kacir.

Sementara itu KH Muhyiddin merupakan pendiri delapan pesantren yang diberi nama Pagelaran, yang tersebar di Subang, Purwakarta, dan Sumedang. Pada masa penjajahan Belanda, KH Muhyiddin juga dikenal sebagai pemimpin para pejuang bersama pasukan Hizbullah. Dibawah pimpinannya pasukan Hizbullah pernah menyerang garis pertahanan Sekutu di Bandung Utara. Dalam penyerangan itu, markas tentara NICA di Ciateul, Bandung, menjadi salah satu sasaran para pejuang. KH Muhyiddin merupakan kakek dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Baca juga : KH Muhyiddin, Pendiri Pesantren Pagelaran Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional)