Rakorwil GenPI Subang, Pengembangan Pariwisata Perlu Sinergitas Unsur Pentahelix

KOTASUBANG.com, Subang – Pengembangan pariwisata di Kabupaten Subang bukan hanya tanggung jawab Dinas Pariwisata saja, namun membutuhkan sinergi dari berbagai pihak. Hal ini dibahas dalam Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) ke-I Generasi Pesona Indonesia (GenPI) kabupaten Subang yang digelar Minggu (19/1/2020) di gedung PLUT KUMKM, jalan KS Tubun, Subang. Rakorwil tersebut mengambil tema “Sinergitas Mewujudkan Subang Jawara Wisata”.

“Pengembangan wisata Kabupaten Subang harus melibatkan 5 unsur pentahelix di Kabupaten Subang yang terdiri unsur Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas dan Media. Dinas terkait dalam hal ini Disparpora Kabupaten Subang harus bisa mengkoordinasikan berbagai unsur tersebut” ungkap Budiana Yusuf, yang terpilih menjadi Koordinator Wilayah GenPI Subang pada Rakorwil tersebut.

Akademisi kata Budiana bisa terlibat dalam penelitian dan pengembangan pariwisata diantaranya pengembangan SDM. Unsur bisnis bisa diajak kerjasama untuk pembangunan infrastruktur pariwisata melalui CSR. Kemudian unsur pemerintah harus ada koordinasi dengan berbagai dinas terkait untuk pengembangan wisata.

“Komunitas termasuk GenPI Subang dan Media berperan penting dalam promosi pariwisata Kabupaten Subang,” katanya.

Selain pembentukan pengurus baru, dalam Rakorwil tersebut dibahas berbagai program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh GenPI Subang yang akan mendukung promosi pariwisata Kabupaten Subang.

“Selain berpromosi melalui online, kita juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan lainnya diantaranya workshop fotografi dan videografi, workshop jurnalistik, lomba foto wisata, city tour dan sinergi dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan event terkait kepariwisataan,” katanya.

Turut hadir dalam Rakor tersebut Kepala Seksi publisitas dan pencitraan pariwisata Disparpora Kabupaten Subang, Enen K. Dewi. Dirinya mengungkapkan apresiasinya dan menyatakan siap bersinergi untuk pengembangan Pariwisata Kabupaten Subang.