Banjir Hingga Longsor, Berikut Dampak Hujan Deras yang Mengguyur Subang Sepanjang Hari Ini

KOTASUBANG.com, Subang – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Subang sepanjang hari ini Kamis (9/1/2019) sejak pagi dini hari hingga malam hari telah menyebabkan bencana alam di beberapa titik di Kabupaten Subang, mulai dari banjir hingga tanah longsor. Hujan yang dibeberapa wilayah disertai angin kencang dan petir tersebut juga menyebabkan rumah roboh dan adanya warga yang terlaporkan tersambar petir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD), aparat Kepolisian, TNI dan warga langsung sigap melakukan tindakan atas berbagai bencana yang terjadi di Kabuapaten Subang.

Berikut berbagai kejadian yang dapat dihimpun sepanjang hari ini,

  1. SDN Sukamenak terendam banjir

Saluran air yang tersumbat sampah dan lumpur di jalan Otto Iskandardinata menyebabkan air meluap ke jalan. Genangan air juga menyebabkan SDN Sukamenak terendam sekira 10 cm.

2. 32 Hektar sawah di Kalijati terendam

Sekira 32 hektare tanaman padi di wilayah Kalijati terendam banjir akibat luapan sungai Cibodas. Sekira pukul 13.00 WIB tim BPBD berhasil mengevakusi 5 orang warga kampung Bantarkaso RT.012/RW.03 Desa Tangulun Timur Kecamatan Kalijati yang terjebak banjir.

Tim BPBD Kabupaten Subang mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Kalijati

3. Banjir di Blanakan

Banjir juga terjadi di desa Blanakan, Kecamatan Blanakan. Jumlah rumah yang terendam air sebanyak 1090 rumah dengan rincian; Tanjungsari 120 rumah, Mekar sari 150 rumah, Tanjung baru 220 rumah, Karang jaya 250 rumah, Karang mulya 150 rumah, Kerta mukti 80 rumah terendan dan Pelelengan 120 rumah terendam. Sementara jumlah pengungsi sebanyak 300 orang yang ditampung di 8 titik pos pengungsian.

4. Banjir di jalur Pringkasap – Rancamulya, Pabuaran.

Hujan yang terus menerus mengguyur juga menyebabkan tertutupnya jalan oleh genangan air dan beberapa rumah terendam di wilayah tersebut.

Bajir menutupi jalan Pringkasap – Rancamulya

5. Banjir di Pusakanagara

Banjir juga dilaporkan melanda beberapa wilayah di kecamatan Pusakanagara.

6. Rumah roboh

Hujan deras terus menerus juga telah menyebabkan rumah warga roboh di beberapa titik. Kejadian pertama menimpa rumah Sahmi di Dusun Kamalasari, Desa Kertajaya Kecamatan Tambakdahan sekira pukul 10.30 WIB. Rumah lainnya yang roboh terjadi di Dusun Mekarjati Desa Pusakajaya Kec. Pusakajaya milik Basuni (35) yang terjadi pada Kamis dini hari. Sementara itu di Subang kota, tepatnya di Kampung Cimerta, RT 16/06 Kelurahan Pasirkareumbi Subang rumah pasangan Perina dan Evi Munandar juga roboh sekira pukul 14.45 WIB. Tak ada korban jiwa atas 3 kejadian rumah roboh tersebut.

Rumah roboh di di Kampung Cimerta, RT 16/06 Kelurahan Pasirkareumbi Subang

7. Tanah Longsor

Hujan deras juga telah menyebabkan tanah longsor menimpa 2 rumah di Kampung Sinampeul RT 22 \ RW 02 Desa Kurugagung Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang sekira pukul 11.30 WIB. Satu rumah tertimpa tanah longsor bagian samping rumah atas nama Yani dan 1 rumah tertimpa bagian dapur atas nama Dadi. Tak ada korban jiwa atas kejadian ini.

8. Tersambar petir

Hujan deras yang terjadi juga disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah sehingga 2 orang dilaporkan tewas tersambar petir di 2 lokasi berbeda. Korban pertama menimpa seorang ibu rumah tangga bernama Acah Cahyani (42) warga kampung Cihuni, Desa Jambelaer, Kecamatan Dawuan. Korban meninggal setelah tersambar saat berteduh sekira pukul 09.30 WIB. Sementara korban kedua bernama Carmun asal Kampung Babakan Jati RT 20/RW 5 Dusun Bondan, Desa Sidamulya, Kecamatan Cipunagara, Subang. Korban tewas tersambar petir di Sawah Blok Cukang Akar ketika sedang mencangkul Kamis siang.

Petani bernama Carmun asal Kampung Babakan Jati RT 20/RW 5 Dusun Bondan, Desa Sidamulya, Kecamatan Cipunagara, Subang. tersambar petir ketika sedang mencangkul di sawah

9. TPA Panembong longsor ke Sungai

Tingginya volume air hujan juga telah menyebabkan TPA Panembong longsor ke badan sungai, sehingga tumpukan sampah terbawa arus sungai dan mencemari aliran sungai.

Tumpkan sampah longsor ke sungai Cileuleuy

Selain berbagai kejadian di atas masih ada lagi berbagai dampak dari hujan deras yang melanda Subang sepanjang hari ini, termasuk banjir di berbagai titik lainnya di Pantura Subang yang belum terlaporkan.