Jamkris Hills, Tawarkan Keindahan Sunrise dan Sunset Sekaligus

KOTASUBANG.com, Subang – Wilayah Subang selatan selalu menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan. Sejuknya udara pegunungan diantara bentang alam yang indah membuat daerah ini menjadi tujuan utama wisatawan.

Salah satu destinasi yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi adalah Bukit Pasir Jambu atau kini disebut Jamkris hills yang merupakan akronim dari Bukit Jambu Kristal. Dinamakan demikian karena bukit ini ditanami ribuan pohon buah jambu kristal. Dahulu bukit ini bernama bukit pasir batu, mungkin karena di puncaknya terdapat sekumpulan bebatuan.

Suasana pagi di Jamkris Hills
Sunset di Jamkris hills

Bukit ini menawarkan keindahan pemandangan dari atas bukit. Di pagi hari, lautan gumpalan awan putih terlihat indah menutupi hutan, sawah dan pemukiman. Sementara di sore hari wisatawan bisa menikmati indahnya matahari tenggelam diantara pegunungan ufuk barat. Wisatawan bisa berfoto di menara pandang atau di spot selfie dengan latar belakang keindahan tersebut.

Malam hari bisa menjadi suasana yang mengasyikan, duduk-duduk di bebatuan dekat dengan api unggun. Sambil ngobrol dan ngopi sambil menikmati pemandangan kerlap kerlip lampu-lampu dari kejauhan.

Soal makanan tak perlu khawatir, pengelola telah menyiapkannya, mulai dari kopi, cemilan hingga nasi liwet khas kampung. Untuk harga nasi liwet dibanderol mulai dari Rp. 15 ribu perorang dengan menu jengkol, ikan asin, tempe, telur dan lalapan sambel dadakan. Jika mau menu yang lebih lengkap lagi, pengunjung tinggal memesannya, tentunya dengan harga yang berbeda.

Untuk tempat menginap, pengunjung bisa membawa tenda atau pun bisa tidur di saung-saung atau bisa juga di guest house yang telah dilengkapi dengan tempat tidur. Bagi yang ingin menginap, pengelola mengenakan tarif Rp.120 ribu hingga Rp. 500 ribu tergantung mau pilihan saung atau guest house. Mushola dan toilet juga sudah tersedia di sana.

Menikmati api unggun

Bagi wisatawan yang ingin sekedar berselfiria pada siang hari, pengelola hanya mengenakan tarif Rp. 5 ribu sedangkan bagi yang akan menginap dikenakan tiket Rp. 10 ribu.

Ani, pengelola lokasi wisata ini mengungkapkan, jika ingin mengunjungi lokasi wisata ini sebaiknya booking terlebih dahulu, karena keterbatasan akomodasi yang ada. Dirinya tidak ingin pengunjung terlalu membludak sehingga malah menyebabkan tidak nyaman bagi pengunjung itu sendiri. Untuk reservasi bisa menghubungi nomor 0853 1607 4025 (Ani).

Salah satu pondok wisata yang tersedia
Wisatawan bisa melihat atau turut membantu menyiapkan hidangan

Kedepan katanya, tempat ini akan dikembangkan menjadi tempat agrowisata  dan edukasi. Nantinya, pengunjung bisa petik sendiri buah jambu kristal dan mempelajari berbagai jenis pohon yang ditanam di sana.

Lokasi wisata ini terletak di desa Tanjungsiang, Kecamatan Tanjungsiang. Setelah pasar Tanjungsiang sebelum Polsek Tanjungsiang anda akan menemukan papan petunjuk jalan menuju ke lokasi. Dari jalan raya pengunjung kemudian melalui jalan kecil menuju ke lokasi sejauh 900 meter, kontur jalan menanjak, sebagian masih berupa tanah yang licin ketika musim hujan. Karenanya, bagi yang ingin berwisata ke sana sebaiknya menggunakan sepeda motor. Jika ingin membawa mobil sebaiknya berkoordiansi dengan pengelola karena keterbatsan tempat parkir.