Catat !, Ini Waktu Gerhana Matahari di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Gerhana matahari akan kembali menyapa Indonesia Kamis besok (26/12/2019) tak terkecuali wilayah Subang dan sekitarnya. Di wilayah Jawa Barat termasuk Subang gerhana matahari akan mulai terlihat pada pukul 10.46 WIB dan puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12.38 WIB. Gerhana akan berakhir pada pukul 14.24 WIB. Secara keseluruhan proses gerhana akan berdurasi 3 jam 38 menit dan dengan magnitudo gerhana, 0,764.

Sementara itu gerhana matahari cincin (GMC) akan terlihat di 25 Kabupaten/Kota di  7 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Wilayah yang akan mengalami gerhana paling awal adalah Kota Sabang, Aceh, yaitu pada pukul 10.03 WIB dengan puncak gerhana terjadi pada pukul 11.49 WIB sedangkan wilayah paling akhir menyaksikan gerhana yaitu, Merauke, Papua yang akan terjadi pada 14.37 WIT. Wilayah yang akan mengalami durasi proses gerhana paling lama berada di Bengkalis, Riau dengan 3 Jam 51 Menit 24,7 detik.

Gerhana Matahari Cincin sendiri merupakan gerhana yang terjadi ketika bayangan bulan hanya menutupi bagian tengah matahari. Sehingga menyisakan bentuk cincin api di sekeliling bayangan bulan, sementara pada gerhana matahari total, matahari tertutup total oleh bayangan bulan.

Sementara itu Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan Salat Kusuf pada saat gerhana matahari berlangsung. Salat Kusuf dilakukan sebanyak dua rakaat dengan berjamaah dan dilengkapi dengan ceramah setelah salat dilakukan.