Selain Nanas, Pada Musim Liburan Durian Subang Laku Ribuan Buah Perhari

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang bukan hanya terkenal dengan buah nanasnya yang manis dan menyegarkan. Namun ternyata, Subang juga surga bagi para penggemar durian. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk mencicipi durian Subang.

Lokasi penjualan buah durian tak terlalu jauh dari sentra penjualan buah nanas. Jika nanas Subang banyak di jual di ruas jalan antara Jalancagak dan Ciater, maka durian Subang banyak dijual di jalan raya Tambakmekar, antara pertigaan Kumpay dan Sangkuriang resto. Di sepanjang jalan sekitar 1 km, puluhan pedagang durian menjajakan durian dengan membuat kios sederhana di depan rumahnya masing-masing.

Durian yang dijual di sana merupakan durian varietas lokal Subang, yang ditanam di daerah sekitarnya seperti Cijambe, Bunihayu, Kasomalang dan beberapa wilayah lainnya. Menurut salah seorang pedagang, Encing, meskipun kadang ada jenis durian varietas lain yang dijual, itupun merupakan hasil ditanam di kebun di daerah-daerah tersebut, bukan kiriman dari daerah lain.

Pengunjung biasanya mencicipi langsung buah durian di sana. Buah durian dikupaskan oleh penjualnya untuk dicicipi langsung. Jika rasa durian yang telah dikupas tidak manis, penjual biasanya mengganti dengan mengupas buah lain yang lebih manis. Penjual juga menyediakan air teh sebagai penawar rasa.

“Kalau untuk harga durian biasanya dibanderol antara Rp. 30 ribu hingga Rp. 150 ribu, tergantung jenis dan ukuran duriannya,” kata Encing.

Setiap hari dirinya mampu menjual durian lebih dari 100 buah. Pada akhir pekan atau hari libur omzetnya bisa naik hingga 2 sampai 3 kali lipat.

Oom penjual durian lainnya juga mengungkapkan hal serupa. Pada hari sabtu atau minggu penjualan buah durian bisa mencapai lebih 300 buah perhari. Artinya penjualan buah durian di sentra penjualan durian Subang bisa mencapai ribuan buah perhari terutama pada musim liburan.

“Kalau hari libur, kita bisa jual lebih dari 300 buah,” katanya.

Namun sayang, durian tidak berbuah sepanjang tahun. Buah ini hanya tersedia antara bulan Oktober hingga Maret.

Selain buah nanas dan durian, kabupaten Subang juga memiliki beberapa komoditas buah unggulan lainnya seperti buah naga, manggis, mangga dan tentu saja rambutan yang sangat melimpah di Subang.