100 Peserta Ikuti Festival Kolecer di Subang, Ada Kolecer Berusia Lebih 100 Tahun

KOTASUBANG.com, Subang – Sekitar 100 kolecer (kincir angin) ukuran raksasa turut serta dalam gelaran Festival Kolecer 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang. Festival Kolecer tersebut digelar di pesawahan kampung Dago, Desa Cimeuhmal, Kecamatan Tanjungsiang, Rabu (18/12/2019).

Bupati Subang H. Ruhimat sangat mengapresiasi digelarnya acara tersebut. Menurut Ruhimat Kolecer adalah budaya leluhur yang harus terus dilestarikan.

“Insya Allah acara ini akan terus digelar setiap tahun. Dan Kampung Dago ini saya nyatakan sebagai kampung Kolecer,” ujarnya ketika membuka acara festival.

Bupati Ruhimat secara simbolis menyerahkan Kolecer untuk dipasang (18/12/2019)

Bupati Ruhimat terlihat antusias menyaksikan Festival Kolecer tersebut. Ia mengaku sangat menggemari kolecer. Bahkan salah satu kolecer yang mengikuti festival tersebut adalah miliknya. Dirinya bahkan sempat menaiki beberapa anak tangga tiang kolecer punyanya.

Festival Kolecer ini juga disambut baik dengan banyaknya peserta yang ikut serta. Bukan hanya warga sekitar Tanjungsiang, peserta Festival Kolecer tersebut berasal dari kecamatan Cisalak hingga Serangpanjang bahkan dari Kabupaten tetangga yaitu  Sumedang.

Yang unik, pada kesempatan tersebut juga dipamerkan kolecer yang berusia lebih dari 100 tahun.

“Ya Kolecer ini sudah ada turun menurun, warisan dari kakek kami. Diperkirakan lebih dari 100 tahun,” kata Didi peserta asal Cikaramas, Sumedang, pemilik kolecer tertua tersebut.

Seratusan baling-baling kolecer yang dipertandingkan tersebut memiliki panjang 5 meter hingga 8.5 meter. Jika dijual, baling-baling ini bisa dihargai hingga lebih dari Rp. 5 juta.