UNESCO Tetapkan Silat Sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Malaysia

Foto : Akun twitter UNESCO

KOTASUBANG.com, Subang – Silat, secara resmi diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan tak benda dari Malaysia. Keputusan itu ditetapkan pada sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage (IHC) di Bogota, Kolombia yang berlangsung 9-14 Desember 2019 lalu.

Namun jangan berang dulu, pada kesempatan yang sama, Tradisi Pencak Silat juga ternyata ditetapkan secara resmi sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia. Keduanya, hanya dibedakan dari istilahnya saja yaitu Tradisi Pencak Silat dari indonesia dan Silat dari Malaysia.

Akun Twitter resmi UNESCO sebelumnya mencuit bahwa tradisi Pencak Silat Indonesia masuk dalam daftar warisan budaya takbenda pada Kamis (12/12) pukul 22.06 WIB. Lalu, sekitar sejam kemudian, UNESCO juga mengabarkan bahwa silat dari Malaysia juga masuk dalam daftar warisan budaya takbenda.

Foto : Akun twitter UNESCO

Lalu apakah perbedaan dari keduanya ?

Direktorat Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Kementerian Luar Negeri, Kampradipta, seperti dikutip dari detik.com menjelaskan Tradisi Pencak Silat mencakup ruang lingkup yang lebih luas, yakni selain ilmu bela diri juga mengandung tradisi, nilai warisan budaya leluhur Indonesia dari Jawa dan Sumatera Barat yang juga termasuk aspek mental, spiritual, dan artistik, berikut , konstum, dan senjata tradisional.

“Silat (Malaysia) lebih menekankan pada aspek ilmu, seni bela diri, dan gerakan-gerakan yang berasal dari Semenanjung Malaya, termasuk di antaranya ilmu Silat Harimau,” kata Kamapradipta.

Sementara itu, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengungkapkan walaupun Pencak Silat dan Silat asal Malaysia juga diakui UNESCO, Hilmar berharap masyarakat menghilangkan fanatisme berlebihan. Kata Hilmar, Indonesia dan Malaysia masih dalam satu rumpun yang sama.

“Jadi jangan seolah-olah kayak ada perseteruan dengan Malaysia,” tandas Hilmar seperti dikutip dari liputan6.com