Jelang Libur Akhir Tahun, Polres Subang Bekuk Pengedar Uang Palsu

KOTASUBANG.com, Subang – Menjelang libur natal dan tahun baru jajaran Satreskrim Polres Subang berhasil membekuk pengedar uang palsu. Polisi menangkap tersangka URN di daerah Cibogo, berdasarkan laporan dari masyarakat.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan uang rupiah palsu sebanyak 67 lembar pecahan Rp 100 ribu dan pecahan Rp 50 ribu dan dua buah handphone milik para tersangka.

“Barang bukti yang berhasil diamankan senilai Rp 4.550.000 uang palsu dengan rincian 24 lembar nominal Rp 100.000, dan 43 lembar nominal Rp 50.000,” ungkap Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani didampingi Kasat Reskrim AKP Moch Ilyas Rustandi, Kamis (12/12/2019).

Tersangka URN ditangkap pada hari Selasa tanggal 12 November 2019 sekitar pukul 15.00 WIB ketika dilakukan patroli rutin dalam rangka monitoring situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang..

Polisi lantas melakukan pengembangan, berdasarkan keterangan tersangka URN, bahwa uang rupiah palsu tersebut didapatnya dengan cara membeli perbandingan 2:1 dari warga Cikampek Kabupaten Karawang bernama SGD. Dari hasil pengembangan itulah polisi kemudian juga menangkap tersangka SGD.

“Tersangka SGD mengakui bahwa uang rupiah palsu yang dijual kepada tersangka URN, adalah hasil pembelian dari temannya inisial S dan N yang saat ini masih DPO dengan nilai tukar perbandingan 3:1,” lanjut Kapolres.

Tersangka pengedar uang palsu tersebut akan dijerat pidana sesuai dengan Pasal 36 Ayat 2 dan 3 Undang-undang RI No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 50 miliar.