Mahasiswa President University Berikan Penyuluhan Kesehatan Kepada Puluhan Siswa SD di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Menjaga kebersihan dan kesehatan itu sangat penting dan itu dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu dan mengurangi resiko diri kita atau orang terdekat kita. Banyak penyakit atau bakteri tersebar dan berpindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung, contohnya seperti kita bersentuhan dengan orang lain secara sengaja atau tidak atau bisa dibilang juga secara kontak tidak langsung, contohnya seperti saat kita memegang barang dan sebelumnya ada orang lain yang sudah terinfeksi bateri menyentuh barang tersebut otomatis orang yang menyentuh selanjutnya akan terinfeksi bateri yang sama.

Hampir semua orang tahu bagaimana cara membersihkan diri dan menjaga kesehatan diri sendiri, namun terkadang masih banyak orang juga yang mengabaikan hal tersebut apalagi anak- anak mereka masih sering mengabaikan hal tersebut karna terkadang mereka masih sibuk dengan dunia mereka sendiri dan beberapa dari orang tua mereka juga terlalu sibuk untuk mengingatkan anak-anak mereka untuk menjaga kebersihan diri.

Karena anak-anak dibawah umur 10 tahun mereka masih sangat kurang memperhatikan kebersihan diri, mereka lebih senang bermain bukan hanya itu anak-anak juga senang jajan di pinggir jalan yang tidak sehat walaupun mereka dapat bekal dari orang tua, tapi pengaruh lingkungan sekitar dan teman-teman juga membuat mereka lebih senang jajan sembarangan, yang dapat membawa banyak bakteri untuk tubuh.

Alasan inilah yang membuat para mahasiswa Program Studi Ilmu komunikasi President University yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat,untuk menyelenggarakan Penyuluhan serta Seminar dengan tema Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Tubuh.

Pada Rabu, 27 November 2019, bertempat di SDN CURUGRENDENG II Subang, Jawa Barat, para mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi President University berbagi ilmu dan pemahaman serta pengalaman tentang cara menjaga kebersihan dan merawat tubuh kepada siswa dan siswi sekolah tersebut.

Sekitar 90 siswa dari kelas 3 sampai kelas 6 SDN CURUGRENDENG II menjadi peserta penyuluhan dan seminar. Dengan kegiatan ini diharapkan agar siswa dan sisiwi mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat yang bisa di terapkannya di kehidupan sehari-hari.

Seminar dibuka dengan memperkenalkan nama-nama panitia beserta dengan tujuan dan maksud kedatangan lalu dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian sarapan dan dilanjutkan dengan pembagian materi dan praktek bagaimana merawat Kebersihan dan Kesehatan tubuh.

Sebagian besar anak-anak sudah mengetahui bagaimana cara melakukannya namun masih ada yang tidak peduli dengan hal tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sesi memberikan tips bagaimana cara merawat tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.  Penyuluhan diselingi dengan games dan ice breaking, game serta pembagian hadiah sehingga pelaksanaan seminar menjadi lebih menyenangkan. Acara diakhiri dengan foto bersama. (adv)