Bulan Depan Akses Jalan Menuju Curug Cijalu 100% Mulus

Curug Cikondang Atau Lebih Populer dengan Curug Cijalu (5/10/2013)

Curug Cikondang Atau Lebih Populer dengan Curug Cijalu (5/10/2013)

Curug Cikondang atau wisatawan lebih mengenalnya dengan curug Cijalu merupakan destinasi wisata Favorit di Subang selatan. Beberapa tahun lalu, akses jalan yang rusak menuju lokasi wisata ini sering dikeluhkan para wisatawan. Namun sekarang kondisinya sudah jauh berubah. Sejak beberapa bulan yang lalu akses jalan menuju Curug Cijalu sudah relatif baik.

“Sudah 5 bulan terakhir ini diperbaiki bertahap, sekarang tinggal sedikit lagi yang rusak. Insya Allah bulan depan beres semua”. Kata Asep, seorang warga yang berjualan di lokasi wisata tersebut.

Berdasarkan pantauan kotasubang.com (5/10/2013), kondisi jalan desa menuju Kawasan wisata Curug Cijalu sejauh 9 Km sudah cukup baik. Sekitar 90 % akses jalan menuju ke lokasi sudah beraspal, termasuk diperkebunan teh bahkan hingga tempat parkir kendaraan. Jalan yang masih dalam tahap perbaikan tinggal sekitar 1.5 Km di ruas desa Cipancar.

“Dulu jalannya rusak parah, apalagi di kebun teh nya. Tapi sekarang Alhamdulillah, sudah jauh lebih baik”. Kata Saeful, seorang pengunjung yang sudah beberapa kali mengunjungi curug Cijalu.

Sudah baiknya akses jalan menuju Cijalu memberi harapan baru bagi para pedagang disana. Bahkan kini mulai banyak pedagang baru yang berjualan di sana. Bukan hanya berjualan makanan, mereka juga berjualan cenderamata seperti kaos dan kerajinan tangan. Mereka berharap dengan baiknya akses jalan, akan semakin banyak pengunjung yang datang ke sana.

Kawasan Curug Cijalu Kini Mulai Ramai Pedagang

Kawasan Curug Cijalu Kini Mulai Ramai Pedagang

Satu hal yang masih dikeluhkan para pengunjung adalah masalah sampah. Sebenarnya di lokasi ini sekarang sudah ditugaskan beberapa petugas kebersihan yang berasal dari warga sekitar. Namun sayang, tumpukan sampah dan bekas pembakaran masih terlihat di beberapa titik.

“Harusnya petugas kebersihan diberi pengarahan dulu, biar sampah-sampahnya di bakar di satu tempat saja”. kata Novi, pengunjung asal Purwakarta.

“Dan dibeberapa titik harusnya juga disiapkan tempat sampah, biar pengunjung ga buang sampah sembarangan”. Ia menambahkan.

Menjaga kebersihan lokasi wisata sebenarnya bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan saja. Para wisatawanlah yang justru harus bertanggungjawab menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata.