Antisipasi Banjir, Bupati Subang Bersama Ribuan Warga Bersihkan Sungai di Pantura

KOTASUBANG.com, Subang – Ribuan warga masyarakat Pamanukan, Legonkulon dan sekitarnya, pagi ini Junat (6/12/2019) melakukan aksi bersih-bersih bersama Bupati Subang. Kerjabakti masal ini digelar dalam rangka menghadapi musim penghujan dan mencegah resiko banjir. Daerah yang menjadi obyek kerja bakti masal adalah aliran sungai Cigadung, sungai Pamanukan, sungai Kalensema, sungai Kalen Pangaletan, Cipawayangan, Rancahilut dan Ciragem.

Sebanyak lebih dari 3.600 orang yang turun langsung ke lokasi kerja bakti terdiri dari unsur TNI, Polri, unsur BPBD, relawan lingkungan, kumpulan gereja katolik, PGRI, masyarakat dari 3 kecamatan. Selain itu diturunkan alat berat dari PUPR, kendaraan truk angkutan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup, tenaga PTOP dari PJT seksi Binong.

Camat Pamanukan Dra. Hj. Ela Nurlela, M.Si dalam lapornanya menyampaikan bahwa untuk wilayah pantura diantaranya Pamanukan merupakan wilayah yang kalau musim kemarau akan kekeringan dan kalau musim hujan kebanjiran.

“Dalam rangka antisipasi banjir menghadapi musim penghujan perlu normalisasi sungai guna menanggukangi terjadinya banjir,” kata Ela.

Dengan normalisasi sungai diharapkan sungai menjadi lebar lagi, pendangkalan sungai teratasi dan sampah tidak menghambat aliran sungai.

“Di sungai-sungai ini banyak sekali sampah-sampah yang berserakan, hal tersebut dikarenakan kurangnya tempat pembuangan akhir sampah yang tersedia di Pantura, wehingga masyarakat memilih buang sampah ke sungai, hal tersebut merupakan keluhan dari masyarakat,” katanya.

Bupati Subang H. Ruhimat dalam sambutannya berharap kedepannya tidak ada musibah banjir menerjang wilayah pantura sehingga Bupati harus membagi-bagikan mie instan ke para korban karena hal tersebut sangat miris.

“Mari bersama-sama mencari solusi bagaimana mengatasi banjir dan Pemda Subang akan siap turun tangan langsung dalam mengatasi hal tersebut. Bersatu padu mengatasi permasalahan rutin banjir supaya tidak terjadi lagi kebanjiran setiap tahun,” katanya.

Bupati memberikan apresiasi untuk masyarakat Pamanukan dan sekitar karena siap melaksnakan kerja bakti tersebut dalam rangka menjaga lingkungan mengatasi banjir.

“Kegaitan ini harus menjadi kegiatan tutin setiap minggu atau setiap bulan dan memupuk kebiasaan membuang sampah tidak sembarangan dan kalaupun tidak ada TPA, maka masyarakat diharapkan untuk bijak tidak membuang sampah ke sungai, dan kedepannya akan dibuat solusi dengan membuat TPA sementara dan setelah terkumpul akan diangkut oleh kendaraan sampah dari dinas terkait,” katanya.

Turut hadir pula pada hari tersebut Sekda Subang H. Aminudin, Dandim 0605/Subang Letkol Arh Edy Maryono, Asda I, Kepala BPBD Subang beserta jajaran, Kepala PUPR, Camat Pamanukan, Camat Legonkulon, Camat Sukasari, Kabag Humas dan Protokol, Kapolsek, Danramil, para Kepala Desa se-kecamatan Pamanukan dan Legonkulon, Camat Sukasari.