Selain ke RSUD dan Patimban Begini Kegiatan Presiden Jokowi di Subang Sepanjang Hari ini

KOTASUBANG.com, Subang – Selepas inspeksi mendadak ke RSUD Ciereng Subang, Presiden Jokowi memiliki 2 agenda lainnya selama kunjungannya ke Subang, JUmat (30/11/2019).

Menjelang siang presiden Joko Widodo bertolak ke wilayah Pantai Utara Subang. Di sana presiden meninjau langsung progress pembangunan pelabuhan Patimban dan prorgam Mekaar PT PNM.

Pembangunan pelabuhan ini dilakukan untuk memperbaiki kinerja logistik dan investasi, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Pembangunan Pelabuhan Patimban dilakukan secara bertahap, yakni dimulai pada tahun 2018, dan ditargetkan selesai seluruhnya pada tahun  2027.

“Progres pembangunan terbilang bagus dan sesuai harapkan tahapan pertama nanti akan diselesaikan pada Juni 2020. Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang Jabar diharapkan akan menjadi pelabuhan besar nantinya di tahun 2027,” kata Presiden.

Presiden Joko Widodo menyebut Pelabuhan Patimban nantinya akan menjadi pelabuhan hub otomotif sebelum diekspor ke negara-negara seperti New Zealand, Australia dan sejumlah negara di Asia.

Jokowi berbincang dengan nasabah Mekaar PT PNM di Bintang Fantasi Pamanukan

Selain meninjau progres Pembangunan Pelabuhan Patimban Presiden juga meninjau langsung program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Kabupaten Subang. Program ini merupakan program yang diselenggarakan oleh BUMN PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Kepada para nasabah di Waterboom Bintang Fantasi Pamanukan, Presiden mewanti-wanti agar tidak menggunakan uang pinjaman dari Mekaar untuk membeli hal-hal lain di luar usaha.

Ia mempersilakan nasabah menggunakan uangnya untuk membeli motor jika motor tersebut dipakai untuk usaha, seperti yang dilakukan oleh Ibu Enu, salah seorang nasabah Mekaar yang berdialog dengan Presiden.

“Nah, hati-hati ya dibelikan motor enggak apa-apa tapi itu motor untuk bekerja. Muter tadi untuk dagang, boleh. Tapi kalau motor untuk gagah-gagahan, tidak boleh. Hati-hati jangan sampai dapat pinjaman dipakai untuk uang muka beli motor, nyicil ke Mekaar enggak bisa, nyicil ke dealer enggak bisa, semuanya ditarik,” ucapnya.

Di akhir dialog, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa para nasabah ini nantinya bisa ‘naik kelas’ dan mendapatkan pinjaman lebih besar melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI.

Turut mendampingi Presiden Jokowi selama di Subang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Presiden Joko Widodo juga mengajak staf khusus milenial dalam kunjungan kerja ke daerah. Stafsus milenial Putri Tanjung dan Andi Taufan Garuda Putra.

Sementara itu kunjungan Presiden di Subang disambut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Subang H. Ruhimat beserta jajaran Forkopimda.