Trekking ke Situs Bersejarah, Sekda Subang Ajak Masyarakat Lestarikan Peninggalan Sejarah

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang kaya dengan peninggalan sejarah dan budaya. Peninggalan sejarah tersebut ditemukan di area situs yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Subang.

Salah satu situs yang ada di kabupaten Subang adalah kawasan Pasir Cabe yang terletak di keluarahan Wanareja, Subang. Sabtu (16/11/2019) Sekretaris daerah Kabupaten Subang H. Aminudin ditemani Kabid Kebudayaan Disdikbud M Khadar Hendarsah dan Kasie Sejarah dan Nilai Tradisi Disdikbud Yayan Suryanata melakukan trekking di area situs tersebut. Trekking tersebut mencoba mencari lokasi-lokasi di mana berbagai benda peninggalan masa lalu pernah ditemukan.

Kabid Kebudayaan Disdikbud M Khadar Hendarsah mengatakan di lokasi tersebut ada beberapa makam atau makom yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Selain itu dari hasil penelitian terdahulu di area situs tersebut banyak ditemukan berbagai fosil hewan purba.

“Di area situs Pasir Cabe penah di temukan fragmen fosil beberapa hewan purba yang diperkirakan berasal dari zaman Pleistosen seperti stegodon atau gajah purba, kemudian taring babi rusa purba dan tanduk kerbau purba. Berbagai peninggalan tersebut sudah menjadi koleksi Museum Daerah Subang” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris daerah Kabupaten Subang H. Aminudin mengajak warga Subang untuk mengenal berbagai peninggalan sejarah di Kabupaten Subang yang ada di berbagai wilayah.

“Keberadaan situs peninggalan sejarah ini merupakan kekayaan sejarah dan budaya yang di miliki Kabupaten Subang, tentunya harus di jaga dan dilestarikan oleh semua pihak,” ujarnya.

Dari hasil trekking tersebut Sekda memerintahkan Dinas terkait untuk melakukan tindak lanjut sesuai dengan hasil temuan di lapangan.