Saung Wayang Ajen di Subang Akan Menjadi Destinasi Wisata Wayang Dunia

KOTASUBANG.com, Subang – Rangkaian acara Rarajah Wayang yang digelar dalam rangka memperingati hari wayang dunia di Saung wayang Ajen, Sukamelang, Subang, Sabtu (9/10/2019) disambut antusias. Beragam kegiatan mulai dari helaran wayang, pertunjukkan dalang cilik, diskusi wayang dan beragam penampilan seni budaya lainnya menarik perhatian masyarakat.

Turut hadir dalam rangkaian acara tersebut anggota DPR RI Maman Imanul Haq. Pada kesempatan tersebut dirinya bahkan didaulat untuk membaca puisi.

Dalam sambutannya Maman Imanul Haq mengapresiasi digelarnya acara ini. Dirinya berharap acara ini menjadi embrio yang kemudian akan semakin berkembang dan menjadi destinasi wisata budaya baru di Kabupaten Subang.

“Dua tahun yang akan datang Insya Allah tempat ini akan berkembang menjadi destinasi wisata budaya yang akan banyak dikunjungi turis mancanegara yang ingin melihat budaya kita terutama wayang,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Asisten Deputi Destinasi Regional II Kemenparekraf Wawan Gunawan atau yang dikenal dengan Ki dalang Wawan Ajen pemilik Saung Wayang Ajen.

“Saung Wayang Ajen kedepannya akan dijadikan destinasi wisata wayang dunia. Potensi besar dari wayang akan terus digali, ekplorasi ide-ide dalam wayang akan divisualisasikan dalam bentuk aksi di masyarakat,” ujarnya.

Peringatan Hari Wayang Dunia 2019 di saung Wayang Ajen diharapkan memberi impact positif bagi Sukamelang dan Subang. Ada value promosi dengan ujung potensi besar secara ekonomi yang bisa dinikmati masyarakatnya.

Ketua Pelaksana kegiatan tersebut Asep Kusmana juga berharap, kedepan Sukamelang Subang bisa menjadi salah satu destinasi unggulan Jawa Barat, Khususnya dalam hal inkubasi dan pengembangan wayang inovatif sekaligus atraktif menarik wisatawan domestik dan luar negeri.