Aksi Dalang Cilik Pukau Penonton Gelaran Rarajah Wayang di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Penampilan dalang cilik Aming Ajen menarik perhatian para penoton yang hadir dalam gelaran acara Rarajah Wayang yang digelar di Saung Wayang Ajen, Sukamelang, Sabtu (9/10/2019). Puluhan anak-anak terlihat antusias menyaksikan teman sebayanya sang dalang cilik, bisa memainkan wayang golek dengan lincahnya.

Penampilan dalang cilik ini merupakan satu dari beberapa rangkaian acara Rarajah Wayang yang digelar oleh Komunitas Natar Budaya Wayang Ajen Subang dan didukung oleh berbagai komunitas. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari wayang dunia ini diisi oleh berbagai aktivitas yang menghubungkan masyarakat dengan Wayang.

Beragam acara disambut antusias, di awali dengan bimbingan teknis sadar wisata bagi masyarakat sekitar saung Wayang Ajen yang kemudian dilanjutkan dengan helaran karakter wayang oleh Komunitas Natar Budaya Wayang Ajen (NBWGA) Priangan Timur dan anak-anak desa setempat. Menjelang sore, acara diisi dengan diskusi santai “Ngadu Bako”  dengan tema Perkembangan wayang pakem menuju wayang kontemporer.

Helaran Wayang
Dalang Wayang Cilik Aming Ajen dari Pandeglang

Malam hari acara dilanjutkan dengan penampilan tutunggulan dari Sanggar Kedaton dan Pencak Silat dari padepokan Ciung Wanara. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan tausiah dan penampilan show case wayang laptop oleh dalang remaja Widodo dari SMK Kesenian Subang.

Turut hadir dalam rangkaian acara tersebut anggota DPR RI Maman Imanul Haq. Pada kesempatan tersebut dirinya bahkan didaulat untuk membaca puisi.

Dalam sambutannya Maman Imanul Haq mengapresiasi digelarnya acara ini. Dirinya berharap acara ini menjadi embrio yang kemudian akan semakin berkembang dan menjadi destinasi wisata budaya baru di Kabupaten Subang.

Bersama perguruan silat Ciung Wanara
Tutunggulan Sagara Manik