Ruwat Jagat Mapag Hujan yang Digelar Kang Dedi Mulyadi Disambut Antusias Warga

KOTASUBANG.com, Subang – Ribuan warga masyarakat Kecamatan Dawuan dan sekitarnya sore ini, Minggu (3/11/2019) tumpah ruah mengikuti acara Ruwat Jagat Mapag Hujan yang digelar oleh anggota DPR RI yang juga tokoh masyarakat setempat yang akarab disapa kang Dedi Mulyadi.

Acara Ruwat Jagat Mapag Hujan ini dimeriahkan dengan helaran berbagai kesenian yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Sisingaan, Kuda Korsi, Domyak, Genye, Bebegig dan pertunjukan seni Lais dan Tutunggulan.

Pada malam hari acara akan dilanjutkan dengan pagelaran wayang golek dengan 4 Dalang sekaligus yaitu Dalang Dadan Sunandar Sunarya, Wawan Dede Amung Sutarya, Apep Hudaya dan Yudhistira Manunggaling Rahmaning Hurip. Ditampilkan pula kesenian pantun Buhun Mang Ayi, Tayuban, tarangwangsa dan berbagai kesenian lainnya.

Kang Dedi Mulyadi mengungkapkan ruwat jagat mapag hujan ini merupakan ikhtiar budaya dalam mempersiapkan petani agar bisa bertani dengan baik, diantaranya dengan memastikan saluran air tidak tersumbat dengan tumpukan sampah. Pagi hari sebelum acara helaran, kang Dedi bersama warga masyarakat kampung Sukadaya, Desa Sukasari bergotong royong membersihan saluran-saluran air.

“Kita sering melewati batas, ngaruwat hanya tentang seni, ngaruwat tiap tahun tapi sungai penuh sampah, gunung dibuat gundul, saatnya kita kembali menjaga alam,” katanya.

“Mudahmudahan ini jadi spirit bagi kita semua. Kalau mencintai adat istiadat tidak boleh mengotori lingkungan, sungai harus dijaga, sawah harus di jaga, menjaga adat artinya kita harus menjaga lingkungan,” tegasnya.

Kang Dedi menambahkan, event yang digelar di kampung halamannya ini akan menjadi event tahunan dengan menampilkan beragam kesenian tradisional.