Melihat Prosesi Ruwatan Bumi di Kampung Nanjungpura, Desa Batusari

KOTASUBANG.com, Subang – Warga masyarakat kampung Nanjungpura desa Batusari Kecamatan Dawuan menyelenggarakan acara Ruwatan Bumi Sabtu (27/10/2019) lalu. Acara diawali dengan helaran keliling kampung mengarak mumundingan, yaitu 2 orang warga yang berperan menjadi kerbau yang membajak sawah.

Pada acara inti, warga masyarakat yang terdiri dari sekitar 70 rumah mengumpulkan nasi tumpeng ke lokasi acara. Kemudian tetua adat membakar kemenyan dan membacakan doa (ngukusan) di hadapan kumpulan tumpeng tersebut. Selesai berdoa bersama sebagian nasi tumpeng dari masing-masing wadah dikumpulkan, sementara sisanya di bawa pulang kembali. Warga yang mengumpulkan tumpeng juga membawa pulang masing-masing satu bungkus kemenyan.

Sasajen

Acara ruwatan bumi tersebut juga dimeriahkan oleh pertunjukan kesenian tutunggulan dan kukudaan. Selain tutunggulan dari kampung tersebut tampil pula tutunggulan dari desa tetangga.

Camat Dawuan Hj. Trie Utami yang turut menghadiri acara tersebut dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya atas digelarnya acara ruwatan bumi di kampung Nanjung Pura.

“Artinya, warga masyarakat kampung ini masih memelihara adat istiadat dan sehingga dapat diperkenalkan kepada anak cucunya,” katanya.

Mumundingan
Tutunggulan
Kukudaan

Sementara itu tokoh masyarakat setempat, Sukarya, mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak atas terselenggaranya ruwatan bumi ini.

“Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh warga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan semua pihak yang telah ikut bergotong royong dalam acara ini,” ujarnya.

Ke depan, selain seni tutunggulan, dirinya berencana akan menghidupkan kembali seni-seni buhun yang lainnya pada acara ruwatan bumi.