Keren ! Adistyana, Pemudi Subang Juara I Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

KOTASUBANG.com, Subang – Kabar membanggakan datang di hari Sumpah Pemuda ke-91 hari ini. Malam ini, Senin (28/10/2019) pemudi asal Subang, Adistyana Pitaloka, dinobatkan menjadi Juara I Pemuda pelopor tingkat nasional untuk kategori bidang pendidikan. Penghargaan tersebut diserahkan di Jakarta dalam acara Anugerah Kepemudaan 2019.

Untuk meraih prestasi ini, Adis, demikian sapaan akrabnya, telah bersaing ketat dengan puluhan pemuda lainnya dari seluruh Indonesia. Sebelumnya Adis bersaing dengan puluhan pemuda dari seluruh Jawa Barat dalam Seleksi tingkat provinsi.

Inovasi dan kreativitasnya sebagai guru SLB Negeri Subang telah mengantarkan Adis meraih penghargaan tingkat nasional ini. Adis telah menciptakan inovasi terbaru dalam pembelajaran kesenian kepada anak berkebutuhan khusus melalui Kamus Kode Menari.

Ide ini tercetus di tahun 2013, untuk memudahkan anak-anak penyandang disabilitas dalam mempelajari kesenian tari. Untuk anak tunanetramisalnya, Adis menggunakan metode melalui bunyi agar mereka bisa mengikuti gerakan dengan benar. Sedangkan bagi penyandang tunarungu dirinya memberikan kode gerakan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mengaku bangga dan mengapresiasi Adis yang menjadi Pemuda pelopor untuk mewakili Kabupaten Subang dan Jawa Barat untuk bertarung ditingkat nasional.

“Ini merupakan sebuah kebanggan ternyata Subang memiliki Adis yang merupakan guru SLB Negeri Subang dengan segudang talenta dan inovasi. Mudah-mudahan dengan dijadikannya seorang kader pemuda bisa menjadi pelopor dan kedepannya bisa menularkan bahwa anak-anak Subang mampu dan hebat untuk memberikan inovasi yang terbaik,” ungkapnya.

Selain dari kementerian Pemuda dan Olahraga, penghargaan Pemuda Pelopor ini juga diberikan oleh Pemkab Subang dan Pemerintah provinsi Jawa Barat.