Status Gunung Tangkuban Parahu Diturunkan Menjadi Normal Kembali

KOTASUBANG.com, Subang – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akhirnya menurunkan status Gunung Tangkuban Perahu dari level II Waspada menjadi level I normal terhitung mulai hari ini tanggal 21 Oktober 2019 sejak jam 09.00 WIB. Hal itu disampaikan Kepala PVMBG Kasbani di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Senin (21/10/2019).

“Penurunan status Gunung Tangkuban Parahu berdasarkan pemantauan yang dilakukan PVMBG. Sejak satu bulan terakhir tidak ada lagi erupsi diikuti emisi abu, yang ada hanya asap putih ketinggian variasi, rata-rata 50 meter dari dasar kawah” kata Kasbani.

Seperti diketahui sebelumnya, gunung Tangkubanparahu erupsi sejak tanggal 26 Juli 2019 lalu. PVMBG kemudian meningkatkan status dari normal ke waspada sejak tanggal 2 Agustus 2019 dengan rekomendasi radius bahaya 1,5 km dari bibir kawah.

Berdasarkan pengamatan menerus yang dilakukan PVMBG aktivitas vulkanik Tangkubanparahu terus menunjukkan penurunan. Pengamatan deformasi melalui pengukuran jarak miring dengan EDM menunjukan pola deflasi (pengempisan) pada tubuh Gunung Tangkuban Parahu. Mengindikasikan saat ini tidak ada pergerakan magma ke permukaan.

Kegempaan Gunung Tangkuban Parahu sejak 1 Oktober 2019 didominasi oleh gempa hembusan. Gempa-gempa vulkanik low freauency, vulkanik dalam, vulkanik dangkal dan tremor masih terekam dengan kecenderungan energi gempa yang terus menurun. Dan berdasarkan pemantauan  data instrumen baik dari seismik dan deformasi, gas yang dikeluarkan Gunung Tangkuban Parahu cenderung menurun stabil.