Ratusan Siswa SMA Labschool, Jakarta Trip Observasi 5 Hari di Kampung Adat Banceuy, Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Ratusan siswa dan pengajar dari SMA Labschool Jakarta menyelenggarakan trip observasi di kampung adat banceuy, desa Sanca, Kecamatan Ciater 17 hingga 21 Oktober 2019. Kedatangan 350 rombongan dari SMA Labs School ini disambut masyarakat Banceuy dengan kesenian tradisional, Kamis (17/10/2019) lalu.

“Selama kegiatan, mereka tinggal di rumah-rumah penduduk. Selanjutnya, mereka akan mengikuti beragam kegiatan yang cukup padat. Para pelajar ini akan diperkenalkan dengan berbagai adat kebiasaan masyarakat di kampung Adat Banceuy,” ungkap tokoh masyarakat Banceuy, Odang.

Berbagai kesenian dan adat istiadat Banceuy juga akan diperkenalkan kepada ratusan siswa ini, seperti Celempung dan Toleat. Demikian pula dengan kuliner khas kampung adat Banceuy akan dikenalkan kepada mereka.

“Kebetulan, tanggal 19 Oktober ini juga bertepatan dengan kegiatan Banceuy Festival, jadi mereka bisa melihat bagaimana seni budaya di kampung adat Banceuy,” kata Odang.

Kampung adat Banceuy memang kerap dijadikan lokasi kunjungan dari berbagai sekolah di Bandung dan Jakarta yang ingin mengenal adat kebiasaan dan merasakan bagaimana kehidupan masyarakat di kampung.