1000 Warga Ikuti Pengobatan Gratis PT Dahana

KOTASUBANG.com, Subang -Peduli terhadap masyarakat, PT DAHANA (Persero) melaksanakan Program Bina Lingkungan Pengobatan Gratis untuk 1.000 warga.  Acara dalam rangkaian PEKAN CSR DAHANA 2019 ini dilaksanakan pada Senin, 14 Oktober 2019 di Bale Dahana Subang.

Eman Suherman, Ketua PKBL PT DAHANA (Persero) mengatakan, kegiatan pengobatan gratis ini terlaksana berkat kerjasama antara DAHANA dengan Puskesmas Cibogo dan ditujukan untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan.

“Pengobatan gratis untuk 1.000 orang ini ditujukan bagi masyarakat yang berada di sekitar perusahaan, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Cibogo, Subang,” terang Eman Suherman.

Sementara itu, menurut dr.Tirama, salah seorang anggota tim medis dari Puskesmas Cibogo, pengobatan gratis ini meliputi pemeriksaan medis dasar sesuai dengan apa yang dikeluhkan oleh pasien.

“Skema pengobatan kali ini kita melakukan pemeriksaan medis dasar sesuai dengan apa yang dikeluhkan oleh pasien, baru kami tim dokter dari Puskesmas Cibogo melakukan pemeriksaan fisik.  Bila diperlukan nanti tim medis juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium dasar berupa pengecekan kolesterol dan gula darah,” ujar dr. Tira menerangkan.

Kegiatan pengobatan gratis bagi 1.000 orang ini disambut positif oleh masyarakat maupun pihak pemerintahan Kecamatan Cibogo, Subang. Seperti disampaikan oleh Camat Cibogo Sri Novia.  Ia menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada DAHANA yang sudah mengadakan kegiatan pengobatan gratis bagi 1.000 orang.

“Saya selaku Camat Cibogo dan juga mewakili pemerintahan Kabupaten Subang mengucapkan terima kasih kepada DAHANA.  Kami pihak pemerintahan menyambut baik sekali kegiatan ini, saya berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan dan kedepanya semoga skalanya bisa lebih luas lagi sehingga bukan hanya warga Kecamatan Cibogo saja yang bisa menikmati pengobatan gratis ini, tapi masyarakat Kabupaten Subang pada umumnya,” ujar Sri berharap.

Ditemui disela sela pengobatan, Bapak Didi  salah satu pasien yang berasal dari Desa Padaasih mengaku rela mengantri untuk memeriksakan kesehatanya. “Saya sudah datang dari pagi ke DAHANA, sengaja datang untuk memeriksakan kesehatan saya karena sering merasa pusing.  Setelah diperiksa dokter ternyata darah saya rendah jadi dianjurkan untuk banyak minum air putih makan sayur bayam oleh dokter,” ungkap Didi.

Kegiatan pengobatan gratis bagi 1.000 orang ini merupakan bagian dari rangkaian acara PEKAN CSR DAHANA 2019 dan merupakan perwujudan dari BUMN hadir untuk negeri.  Sebelumnya telah dilaksanakan berbagai perlombagaan untuk siswa sekolah, termasuk mewarnai, mural dan lomba menyusun presentasi materi ajar guru.  PEKAN CSR DAHANA 2019 berlangsung pada 9 – 15 Oktober 2019.