Festival 7 Sungai #4 Berlangsung Meriah Dihadiri Wisatawan dari Berbagai Daerah

KOTASUBANG.com, Subang – Festival 7 Sungai #4 di desa wisata Cibuluh berlangsung dengan meriah, Sabtu (12/10/2019). Ribuan warga Cibuluh dan wisatawan dari luar daerah  termasuk beberapa pengunjung dari Korea tampak antusias menyaksikan rangkaian acara di bantaran sungai di sekitar Nusa Jajaway, Cibuluh tempat berlangsungnya acara.

Pembukaan acara di tandai dengan penggabungan 7 lodong air yang berasal dari 7 aliran sungai yang ada di desa Cibuluh. Kemudian Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Subang Ahmad Sobari menarik seutas tali untuk menjalankan kincir air di sungai.

Pembukaan acara Festival 7 Sungai dengan menarik seutas tali untuk menjalankan kicir air oleh Plt Kadisparpora Subang (Foto : @yaayaansopian / @genpisubang)

Acara kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan teatrikal yang menggambarkan bagaimana masyarakat desa sangat bergantung pada sungai untuk kehidupan. Dengan terselenggaranya festival ini setiap tahun diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran untuk bersama-sama memelihara sungai.

Plt Kepala Disparpora Ahmad Sobari mengungkapkan, event ini penuh dengan nilai filosofis kebudayaan, pendidikan, lingkungan, jiwa pemeliharan, mengingatkan kembali kepada alam dan sebagainya. Karenanya dirinya berharap ke depan semua dinas instansi, semua tokoh semakin peduli dengan pelaksanaan festival 7 sungai ini terutama kaitannya dalam hal lingkungan, ngamumule budaya.

Teatrikal warga masyarakat yang memanfaatkan sungai (Foto : @yaayaansopian @genpisubang)

Ahmad Sobari mengapresiasi terlaksananya event ini yang dinilainya semakin baik sehingga diharapkan akan menjadi event nasional bahkan internasional.

“Makin kesini model pengelolaannya sudah makin bagus, kekompakan masyarakat makin kuat, kolaborasi dengan pemerintah terjadi sinergi yang cukup bagus. Ini adalah potensi wisata kabupaten Subang yang harus di publish ke tingkat yang lebih tinggi dari tingkat provinsi nasional hingga internasional. Hal ini diharapkan bisa mengangkat citra Kabupaten Suabng,” ungkapnya.

Acara Festival 7 Sungai #4 ini dimeriahkan dengan berbagai permainan khas antara lain Ngeprok, Ngagogo, Sasak Oyag, Rebutan Sungai, Icikibung, Ajrut Sarung, Gebug bantal, dan Ngenen (Moreat) serta papalidan (Body Rafting). festival ini dimeriahkan pula dengan penampilan seni budaya seperti pencak silat, jaipong, gembyung dan kasi teatrikal.