Jelang HUT, TNI Bersihkan Bekas Pasar Inpres Subang

logo hut tni 2013Ratusan personel TNI/Polri gotong royong membersihkan areal kumuh eks Pasar Inpres, di Jalan Pejuang 45 Kabupaten Subang, Kamis (3/10/2013). Kegiatan yang melibatkan pula para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT TNI 5 Oktober.
Gotong royong yang dipimpin Dandim 0605 Subang, Teguh Priyanto tersebut dihadiri Bupati Subang Ojang Sohandi, Sekda Subang Abdurakhman, serta para kepala dinas.

Menurut Teguh, pihaknya memilih lokasi eks Pasar Inpres Subang karena berada di pusat kota. Kemudian di lokasi kondisinya kotor, sehingga dalam rangka HUT TNI 5 Oktober 2013, koordinasi dengan Pemkab Subang dan bersama sama membersihkannya.

“Kami koordinasi menentukan waktunya, jadi dilaksanakan menyesuaikan dengan program pemkab yang sudah rutin menjalankan kamis bersih,” katanya.

Dia mengatakan jumlah personil yang dilibatkan dalam gotong royong ini merupakan gabungan, dari Kodim, Yonif 312, lanud kalijati totalnya mencapai 150 orang. Kemudian didukung pula 30 anggota polri, perwakilan PNS dan pejabat dari sejumlah dinas di Pemkab. Subang.

Dikatakannya, menjelang puncak peringatan HUT TNI, pihaknya melaksanakan berbagai kegiatan. Misalnya bakti sosial telah dilaksanakan donor darah melibat 100 orang pendonor, membangun jembatan saat ini sedang berlangsung di Karanghegar Kecamatan Pabuaran. Pelaksanaannya bekerjasama dengan pemkab dikerjakan secara swadaya melibatkan masyarakat.

Teguh mengatakan pihaknya mengimbau setelah dibersihkan, para pedagang yang ada diluar lokasi bisa ikut menjaga kebersihan. Apalagi para pedagang sudah diberi kelonggaran masih berjualan diberi ruang untuk berjualan. “Inti dari HUT TNI ini membangun dan memperkuat kemanunggalan TNI bersama rakyat,” ujarnya.

Sementara kegiatan berikutnya, yaitu menggelar ziarah ke taman makam pahlawan dilaksanakan, Jumat (4/10/2013). Sedangkan puncak acaranya, Sabtu (5/10/2013) yaitu upacara. “Nanti juga kami melaksanakan TMMD membangun jalan sepanjang 1 km, tetapi diusahakan bisa menjadi 2 km, selain itu melaksanakan rehab terhadap rumah tak layak huni di Tenjolaya, Kecamatan Kasomalang,” ungkapnya. (PR)