Hingga Petang Hari Ini, 3 Kebakaran Terjadi di Subang

Kebakaran di area lahan hutan jati di desa Cirangkong Kecamatan Cijambe (4/10/2019)

KOTASUBANG.com, Subang – Wilayah kabupaten Subang memasuki puncak musim kemarau. Hal ini menyebabkan rentan terjadinya kebakaran. Sepanjang hari Jumat (4/10/2019) ini misalnya, telah terjadi 3 kali kebakaran.

Kebakaran pertama melanda sebuah gudang tempat penyimpanan obat belerang PT.Sang Hyang Sri di Kampung Ciasem Girang, Desa Sukamandi, Kecamatan Ciasem, Subang, Jumat (4/9/2019), sekira pukul 12.20 WIB. Satu unit mobil pemadam kebakaran dari Satpoldam Kabupaten Subang diterjunkan ke lokasi.

Kebakaran hari ini juga terjadi di area lahan hutan jati di desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe. Kebakaran lainnya terjadi di area hutan kota Ranggawulung dan area lahan hutan di wilayah kelurahan Parung, kecamatan Subang yang berlangsung sejak sekira pukul 09.00 WIB. Api bisa dipadamkan sekira pukul 18.00 WIB. Namun, titik api kembali muncul di lokasi yang sama pada malam hari. Petugas gabungan dari BPBD Subang dan Pemadam Kebakaran terus berupaya memadamkan api agar tak menjalar semakin luas.

Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD, Yuli Merdekawati yang juga turut memantau proses pemadaman di lokasi kebakaran mengungkapkan, area hutan yang kering menyebabkan mudah terbakar. Karenanya warga masyarakat Subang dihimbau untuk tidak melakukan aktifitas bakar sampah tanpa pantauan, tidak membuang bekas puntung rokok secara sembarang dan sering memeriksa ulang instalasi listrik di rumah masing-masing untuk meminimalisir potensi kebakaran.

“Jika terjadi bencana, masyarakat dipersilahkan untuk segera menghubungi call center Badan Penanggulangan Bencana Daerah pada nomor 082320867788,” katanya.