Gabungan Aktivis Mahasiswa, Pemuda Hingga Buruh Subang Turun ke Jalan Tolak RUU Kontroversial

KOTASUBANG.com, Subang – Massa yang menggabungkan diri dalam Aliansi Aktivis Mahasiswa dan Pemuda Subang, hari ini Jumat (28/9/2019) menggelar aksi unjukrasa menentang Rancangan Undang-undang yang dinilai kontroversial dan tidak pro rakyat dinataranya RKUHP dan RUU KPK.

Masa aksi yang terdiri dari elemen mahasiswa, pemuda hingga buruh tersebut mulai bergerak dari Wisma Karya menuju gedung DPRD Subang sekira pukul 9.30 WIB. Sepanjang perjalanan longmarch mereka terus meneriakan berbagai tuntutannya.

“Hari ini kita kembali bergerak dengan berbagai elemen masyarakat untuk menolak RUU yang justru tidak pro terhadap rakyat,” kata Kordinator Aksi, Oky Apriadi.

Jelang memasuki gerbang DPRD Subang, massa aksi dihadang oleh barikade aparat keamanan dari Polres Subang. Awalnya, mereka tidak diizinkan masuk dan diminta untuk berorasi menyampaikan tuntutannya di gerbang DPRD. Namun, massa aksi memaksa masuk untuk menyampaikan aspirasi langsung kepada anggota dewan. Akhirnya setelah bernegosiasi, aparat hanya mengizinkan perwakilannya saja yang masuk ke dalam gedung, sementara massa aksi lainnya hanya dipersilahkan masuk ke halaman DPRD Subang.

Dalam audiensi dengan DPRD Subang, perwakilan massa aksi menyampaikan beberapa tuntutannya, yaitu; menolak  dengan tegas pasal-pasal kontroversial dalam RKUHP, menolak pasal-pasal bermasalah dalam RUU Agraria, menolak RUU Ketenagakerjaan yang merugikan buruh, menunda RUU Minerba yang terkesan kejar tayang sehingga diduga mengakomodir kepentingan sesaat saja, dan menolak peraturan BPJS dan kenaikan tarif BPJS.