Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara Diikuti 100 UMKM Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Sekitar 100 UMKM Kabupaten Subang tumpah ruah dalam acara Gelar Produk dan Temu Bisinis UMKM Juara 2019 yang digelar di lokasi wisata Lembah Gunung Kujang, Cijambe, Rabu (11/9/2019). UMKM yang terdiri dari pelaku usaha di bidang fashion, makanan dan handycraft dari berbagai daerah di Subang ini memamerkan produk terbaiknya.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM (DISKUK) Provinsi Jawa Barat dan Dinas Koperasi, UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Subang tersebut dibuka oleh Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. Yuana Setyowati. Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Subang beserta jajarannya, Sekretaris DISKUK Jabar serta para pendamping UMKM Juara dan pendamping PLUT KUMKM Subang.

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga penyerahan secara simbolis Kredit Usaha Rakyat, sertifikat tanah bagi UMKM dan penghargaan UMKM Jawara.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Subang, Rahmat Fatharrahman  dalam sambutannya mengatakan, Subang merupakan kabupaten/kota ke enam yang dijadikan tempat menggelar acara Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara roadshow, Subang merupakan daerah yang ke enam di Jawa Barat yang melaksanakan kegiatan ini,” kata Rahmat.

Sementara itu Bupati Subang dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan ini merupakan rangkaian program UMKM Naik Kelas atau UMKM Juara Pemerintah Provinsi Daerah Jawa Barat dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM di Jawa Barat.

“Selain gelar produk para pelaku UMKM mendapatkan pendampingan serta pelatihan dalam mengembangkan usahanya. Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara merupakan implementasi salah satu program Unggulan Gubernur Jabar yakni UMKM Juara. Melalui kegiatan ini berharap akan meningkatkan promosi dan daya saing produk UMKM khususnya UMKM Kabupaten Subang,” ungkapnya.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Suhra mengatakan, rasio UMKM di Jawa Barat didominasi oleh usaha mikro. Sejak 2014-2018, di Jawa Barat telah dicetak 129.000 ribu usaha baru.

Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. Yuana Setyowati dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya tas digelarnya acara tersebut.

“Acara Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara ini kami apresiasi karena ini sesuai dengan visi misi pemerintah khususnya Kementerian Koperasi dan UKM,” kata Yuana.

Pada kegiatan tersebut juga digelar temu bisnis yang dikemas dalam acara talkshow yang menghadirkan para buyer produk UMKM yaitu dari PHRI Kabupaten Subang diantaranya dari manajemen Rosin Rest Area, 212 Mart dan Lampu Satu Resto dipandu oleh pendamping UMKM Juara dan pendamping PLUT KUMKM Subang. Para pihak tersebut berhungungan langsung dengan UMKM yang akan mengisi produk di tempatnya masing-masing.