Pemkab Subang dan Lanud Suryadarma Teken MoU Pelestarian Rumah Sejarah Kalijati

KOTASUBANG.com, SubangBupati Subang H. Ruhimat  bersama Komandan lanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba S.Sos., M.Sc hari ini, Senin (9/9/2019) menandatangani MoU kerjasama dalam hal pelestarian cagar budaya di lingkungan Lanud Suryadarma yaitu Rumah Sejarah Kalijati.

Danlanud Suryadarma dalam sambutannya mengungkapkan rumah sejarah ini akan direnovasi secara fisik, namun tidak merubah bentuk bangunan sesuai aslinya. Sehingga originalitas masih terus tetap dijaga keasliannya.

“Selanjutnya, pengembangan dari Rumah Sejarah ini yaitu melengkapinya dengan fasilitas modern sehingga Rumah Sejarah menjadi lebih nyaman untuk dikunjungi,”ujar Danlanud.

Sementara itu Bupati Subang H. Ruhimat mengungkapkan Rumah sejarah merupakan saksi bisu penyerahan tanpa syarat belanda kepada Jepang. Oleh karena itu dalam mewujudkan Jawara Wisata, Pemda Subang berkewajiban mengelolanya secara tepat.

“Melalui upaya perlindungan dan pemanfaatan Rumah Sejarah Kalijati, saya berharap sinergitas antara TNI AU dalam hal ini Lanud Suryadarma dengan Pemda Subang dalam rangka pemanfaatan Rumah Sejarah Kalijati terus berkelanjutan,” kata Bupati Subang.

Penandatangan MoU ini turut disaksikan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Sekda Subang H.Aminudin, para pejabat OPD Subang, dan pejabat Lanud Suryadarma. (baca juga : Inilah 3 museum di Subang yang Wajib Dikunjungi).