Wacana; Ibukota Negara Pindah ke Kaltim, Ibukota Jabar Pindah ke Subang, Ibukota Subang Pindah ke Purwadadi

Ilustrasi

KOTASUBANG.com, Subang – Mengikuti jejak presiden Joko Widodo yang berencana memindahkan ibu kota ke Kalimatan Timur tepatnya ke wilayah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Gubernur Jawa Barat juga berencana memindahkan Ibukota Propinsi Jawa Barat dari Bandung ke daerah lain.

Hampir sama dengan alasan pemidahan Ibukota negara, pemidahan ibukota propinsi Jawa Barat menurut Emil diperlukan lantaran secara fisik Kota Bandung sudah tak lagi mendukung sebagai pusat pemerintahan provinsi.

“Karena pada dasarnya, secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan,” ujarnya.

Terkait calon lokasi Ibukota baru, Ridwan Kamil mengusulkan  tiga lokasi yaitu  Tegalluar yang berada di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, dan sekitar wilayah Rebana (Cirebon, Subang, Majalengka).

Wilayah Tegalluar (Kabupaten Bandung) dan Walini (Kabupaten Bandung Barat)dipilih karena diproyeksikan menjadi daerah yang akan mengalami pertumbuhan terutama dengan dilaluinya jalur kereta Cepat Bandung-Jakarta. Sedangkan segitiga Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka) juga diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Khususnya di Subang, akan dibangun Pelabuhan internasional Patimban.

Sementara itu Bupati Subang Ruhimat beberapa waktu lalu juga mengungkapkan keinginannya untuk memindahkan ibukota Kabupaten Subang ke wilayah Purwadadi dimana disana terdapat lahan yang luas milik negara sebagai lokasi ibukota baru. Hal ini juga terkait dengan akan dibangunnya pelabuhan internasional Patimban. Nantinya direncanakan akan dibangun stasiun kereta di Purwadadi dengan aksesnya langsung ke pelabuhan Patimban.