Polres Subang Terus Pantau Keberadaan dan Aktivitas WNA di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Keberadaan dan aktivitas warga negara asing di Kabupaten Subang cenderung meningkat seiring dengan maraknya sektor industri dewasa ini, selain itu banyaknya ‘perkawinan campuran’ antara WNA dengan warga Kabupaten Subang diluar dugaan justru menjadi fenomena yang menarik perhatian. Hal ini dipaparkan Bripka Norry Indra Sondara, S.IP,  Baur POA (Pengawasan Orang Asing) Sat Intelkam Polres Subang, salah satu narasumber dalam kegiatan Seminar Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Subang, Kamis (29/8) di Aula Desa Jatimulya Kecamatan Compreng Kabupaten Subang.

Lebih lanjut Norry menjelaskan, bahwa keberadaan Orang Asing di Wilayah Kabupaten Subang sejatinya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum, terutama dalam sektor industri. Tenaga Kerja Asing di Perusahaan harus mampu melakukan transfer teknologi kepada tenaga kerja lokal sehingga di waktu mendatang, kualitas sumber daya manusia kita mampu bersaing dengan Tenaga Asing sebagai salah satu benteng dalam menghadapi arus globalisasi yang semakin deras.

“Sedangkan dampak lainnya yaitu perbedaan tradisi dan kebiasaan WNA terkadang menjadi permasalahan sosial sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Potensi-potensi permasalahan lain yang berkaitan dengan keberadaan dan aktivitas Orang Asing di Kabupaten Subang menjadi salah satu perhatian dalam upaya menciptakan kondusifitas Kabupaten Subang,” katanya.

Kaitan dengan hal ini, pihaknya menghimbau kepada peserta yang hadir, agar senantiasa meningkatkan kepekaan diri dan kewaspadaan dini dengan melaporkan setiap potensi gangguan kamtibmas yang akan terjadi, pola 1 X 24 Jam Tamu Wajib Lapor diharapkan bisa diterapkan kembali terhadap warga yang kedatangan tamu baik lokal maupun asing, sebagai upaya peran serta masyarakat dalam menciptakan kondusifitas di lingkungannya masing-masing.

Seminar yang bertemakan “Peningkatan Pengawasan Orang Asing, Menciptakan Kondusifitas dan Kenyamanan Lingkungan serta Keamanan Negara” ini, selain menghadirkan narasumber dari Polres Subang, juga diisi oleh pemateri dari Kodim 0605 Subang dan Kantor Kemenag Kabupaten Subang dan diikuti oleh peserta perwakilan siswa/i SMA/SMK dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Compreng.