Tok ! Jokowi Putuskan Ibu Kota Negara Pindah ke Kukar dan Penajam Paser Utara, Kaltim

KOTASUBANG.com, Subang – Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan langsung lokasi yang menjadi rencana pemindahan Ibu Kota Negara, Senin (26/8/2019). Sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur menjadi lokasi terpilih ibu kota baru Indonesia menyisihkan beberapa kota lainnya di wilayah pulau Kalimantan yang sebelumnya telah digadang-gadang menjadi calon Ibukota negara.

Kenapa Ibu kota harus pindah? Presiden mengatakan beban Jakarta saat ini sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, bisnis dan jasa. Selain itu beban pulau Jawa sudah sangat berat, menampung 54 pesen total penduduk indonesia, selain itu pulau Jawa merupakan sumber ketahanan pangan karenanya Ibukota baru harus keluar dari Jawa.

Total kebutuhan perpindahan ibukota negara mencapai 466 Triliyun dimana 19 persen akan berasal dari APBN dan sisanya dari KJPBU. Pemindahan ini kata presiden urgent dilakukan sekarang karena kita tak bisa terus menerus menahan beban Jakarta dan Jawa.

“Setelah melalui kajian selama 3 tahun ini, akhirnya diputuskan lokasi ibukota negara akan mengambil sebagian Penajem Paser Utara dan sebagian di Kutai Kartanagara, Kaltim,” kata Presiden.

Wilayah ini dipilih karena strategis di tengah Indonesia, berdekatan dengan perkotaan yang sudah berkembang yaitu Balikpapan dan Samarinda, memiliki lahan pemerintah yang luas dan infrastruktur cukup baik.

Turut hadir dalam konferensi pers pengumuman ibu kota negara baru tersebut para menteri dan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Gubernur Kalimantan Timur Isra Nur.