KKL Ke Malaysia, Jadi Pengalaman Berharga Bagi Mahasiswa STIESA

Di kampus MMU, Melaka

KOTASUBANG.com, Subang – Sebanyak lebih dari 150 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja (STIESA) Subang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Malaysia 20-23 Agustus 2019 yang lalu.

Di sana mereka mengunjungi beberapa lokasi diantaranya Malaysia Multimedia University (MMU) di Melaka, Yakult Malaysia Factory di Seremban, Negeri Sembilan dan beberapa destinasi wisata seperti KLCC, Genting Highland, Kota Tua Melaka dan Batu Caves. Pada kesempatan tersebut setiap kelompok mahasiswa diberi tugas membuat laporan KKL. Disana mereka melakukan proses wawancara dan pengumpulan data dengan pihak terkait yang menjadi obyek kunjungan.

Foto bersama di MMU, Melaka

KKL di Malaysia ini menjadi pengalaman tersendiri bagi para mahasiswa STIESA. Ai Sri Kusmayanti mengaku banyak pelajaran yang bisa diambil selama KKL ini.

“Banyak pengalaman seru, apalagi ini penerbangan internasional pertama kami. Yang paling mengangumkan di MMU dimana saya sangat termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi agar SDM Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain,” ujar mahasiswi jurusan manajemen STIESA ini.

Di pabrik Yakult Malaysia

Hal senada juga diungkapkan mahasiswa lainnya Wita Nuradiani yang mengaku banyak mendapat pengalaman.

“Banyak pengalaman berharga yang kita alami, diantaranya implementasi langsung bahasa inggris yang dipelajari di kampus dan belajar bekerja dengan jadwal yang padat,” katanya.

Kegiatan KKL ke luar negeri merupakan program tahunan STIESA Subang, semua mahasiswa STIESA berkesempatan mengikuti KKL ke luar negeri tanpa perlu membayar biaya kuliah tambahan. Selain ke Malaysia STIESA pernah melaksanakan KKL Mahasiswanya ke Singapura dan Thailand

Foto bersama di KLCC