Pemkab Subang Kurban 1 Ekor Sapi dan 10 Domba di Masjid Agung

KOTASUBANG.com, Subang – Pemerintah Daerah Kabupaten Subang memberikan bantuan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 10 ekor domba untuk Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang yang diterima oleh Ketua DKM masjid agung Al-Musabaqoh H. Satibi.
Penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Subanng H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, S.Si., MM dan Sekda Subang H. Aminudin setelah pelaksanaan shalat sunat Idul Adha di Masjid Agung, Minggu pagi (11/08/2019).

Bupati Subang H. Ruhimat dalam sambutannya ketika pelaksaan shalat Idul Adha menyampaikan, ada dua dimensi dari esensi ibadah kurban yang dapat dipetik, pertama dimensi spiritual yaitu merupakan bentuk ketaatan hamba kepada habluminallah. Yang kedua dimensi sosial yang mempunyai arti bahwa ibadah kurban memiliki nilai-nilai sosial atau hablumminannas, dengan kurban dapat memupuk semangat berbagi dengan sesama karena dari hewan yang disembelih, sebagian besar atau dua pertiganya harus dibagikan kepada orang lain terutama fakir miskin di sekitar.

“Apabila dua dimensi ibadah qurban tadi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh umat Islam Kabupaten Subang baik yang berstatus sebagai aparatur pemerintah, pengusaha pedagang petani, buruh, nelayan dan lainnya Insyaallah akan menjadi kekuatan yang luar biasa besar untuk bersama-sama membangun Kabupaten Subang menuju Subang jawara (Jaya istimewa Sejahtera),” katanya.

“Sejalan dengan perayaan Idul Adha di tanah air jutaan umat islam sedunia saat ini juga sedang melaksanakan perjalanan ibadah haji di tanah suci yang di antaranya adalah jemaah asal kabupaten Subang untuk itu mari kita doakan semoga para jamaah haji Kabupaten Subang dapat bimbingan dan perlindungan dari Allah SWT, sehingga selain lancar dalam menjalankan seluruh prosesi ibadah hajinya juga mereka mendapat haji mabrur dan Hajjah yang mabrurah, “lanjut Bupati.

Bertindak selaku Khotib pada kegiatan shalat Idul Adha 1440 H tersebut Drs. H. Sarana Abdul Hamid, M.Pd.I., imam ustad. Dedi Kuswandi,SQ., M.Ag dan Bilal H. Dede Rohaedi, S.AN.