Ribuan Warga Kunjungi Pameran Produk Koperasi dan Pesantren di Alun-alun Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Ribuan warga masyarakat Subang Sabtu malam (3/8/2019) tumpah ruah di Alun-alun Subang mengunjungi pameran hari Koperasi Nasional ke-72 tingkat Kabupaten Subang. Pameran yang berlangsung hingga Minggu (4/8/2018) tersebut diselenggarakan oleh Dekopinda Kabupaten Subang dan Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) bekerjasama dengan harian umum Pasundan Ekspres.

Terlihat warga masyarakat memadati stand yang menjual produk-produk UKM binaan koperasi. Ada pula pengunjung yang mencoba kuliner sea food yang dijajakan koperasi Mina Fajar Sidik dari pantura. Di sisi lain banyak pengunjung yang tertarik melihat berbagai produk kreatif di stand Subang Creative Hub yang memamerkan beragam karya kreatif anak-anak muda Subang. Ada pula pengunjung yang memanfaatkan momen tersebut untuk berkonsultasi dan mencari informasi di stand PLUT KUMKM Subang, PPTTG-LIPI dan STIESA. Sementara di panggung utama berbagai acara menghibur pengunjung yang datang.

Ketua Dekopinda Daeng M. Makmur dalam laporannya pada saat upacara pembukaan Sabtu pagi, mengungkapkan kegiatan pameran ini diikuti puluhan koperasi dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Subang. Turut pula beberapa instansi seperti STIESA, PPTTG-LIPI dan PLUT KUMKM yang membuka pelayanan.

Kadis DKUPP Rahmat Fatharrahman dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan harapan Bupati Subang yang ingin mengembalikan kejayaan koperasi di Kabupaten Subang, pihaknya terus berupaya meningkatkan SDM pengurus koperasi dan manajemennya. Selain itu hingga saat ini tengah diupayakan berdirinya koperasi minimal 1 koperasi setiap desa.

“Keberadaan koperasi ini diharapkan bisa menjadi solusi masalah keuangan warga sehingga bisa menekan dampak dari banyaknya pinjaman warga, baik lewat online maupun bank emok,” katanya.

Sementara itu Bupati Subang H. Ruhimat dalam sambutannya mengatakan pihaknya akan membuat terobosan untuk mengembangkan koperasi di Subang, yaitu dengan kebijakan membayarkan sebagian tunjangan intensif PNS dengan voucer belanja.

“PNS yang menerima tunjangan intensif, 10%-nya kita bayar dengan voucer belanja agar bisa dibelanjakan di koperasi,” jelasnya.

Acara pameran koperasi tersebut akan dimeriahkan dengan kegiatan jalan sehat gerakan koperasi Kabupaten Subang dan masyarakat umum Minggu (4/8/2019). Gerak jalan ini juga sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT Pasundan Ekspres yang ke-11.