Wabup Subang Dampingi Gubernur Jabar Tinjau Tangkubanparahu Pasca Erupsi

KOTASUBANG.com, Subang – Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi hari ini, Senin (29/7/2019) mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau dampak erupsi gunung Tangkubanparahu.

Ridwan Kamil memastikan bahwa obyek wisata gunung Tangkuban Perahu aman pasca erupsi beberapa waktu lalu. Emil mempersilahkan kepada wisatawan untuk berkunjung kembali ke Tangkuban Parahu bila kondisinya telah benar-benar pulih. Dirinya berpesan mengenai perlunya kesiapsiagaan dari pengelola dalam hal proses evakuasi bila terjadi hal-hal yang serupa.

“Pengelola obyek wisata tangkuban perahu diharapkan melengkapi prosedur keselamatan dan menyiapkan jalur evakuasi. SOP perlu diterapkan diantaranya parkir mobil yang gampang diakses dan mobil jenis apa saja yang bisa masuk,” ujar Gubernur. 

Selanjutnya, kata Emil, pemerintah provinsi Jawa Barat akan segera menggelar rapat terkait waktu yang tepat untuk membuka obyek wisata Tangkubanparahu. Sedianya lokasi wisata tersebut akan dibuka hari ini. Namun urung, karena masih terdapat sisa abu vulkanik di sejumlah titik di objek wisata primadona Jawa Barat itu.

Sementara itu Wakil Bupati Subang mengimbau masyarakat tetap tenang karena saat ini dampak erupsi tidak terlalu mengkhawatirkan dan erupsi tak berdampak pada wilayah Subang.

“Kendati begitu, saya menghimbau agar warga tidak mendekati daerah gunung untuk sementara waktu dengan radius yang telah ditentukan oleh pihak terkait,” katanya.

Turut hadir dalam tinjauan tersebut Kadisparpora Provinsi Jawa Barat, BPBD Provinsi Jawa Barat, PVMBG, Kapolres Subang dan Dandim 0605 Subang.